Informasi Tentang Teknik Perminyakan Universitas Pertamina Beserta Keunggulannya

teknik perminyakan universitas pertamina

Bagi sebagian orang Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina memang memiliki daya tarik tersendiri. Dimana perguruan tinggi ini mempunyai karakteristik guna melakukan pengembangan mengenai bidang ilmu pengetahuan dan juga ilmu teknologi. Fungsinya tidak lain untuk mengeksplorasi yang sekaligus memproduksi baik energi fosil ataupun energi yang tergolong baru serta terbarukan.

Selain mempelajari hal tersebut, perguruan tinggi ini juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi para mahasiswanya. Sekaligus beberapa konsentrasi juga siap menyapa calon mahasiswa yang terdiri dari 3 bidang keilmuan. Diantaranya meliputi bidang Teknik Pengeboran, ada juga Teknik Produksi serta yang terakhir ada Teknik Reservoir. Berikut jajaran informasi tentang teknik perminyakan yang ada di Universitas Pertamina:

Mata Kuliah

Seperti perguruan tinggi lain pada umumnya, Universitas Pertamina juga melangsungkan pendidikan normal dalam jangka waktu 4 tahun. Dimana tahun pertama mahasiswa akan dibekali dengan beberapa mata kuliah seperti matematika, ada juga fisika, serta kimia tidak ketinggalan pengantar teknologi dan lainnya. Sementara itu di tahun kedua mahasiswa akan diajarkan mengenai beberapa hal juga.

Diantaranya yang berhubungan dengan teknik perminyakan seperti Fluida Reservoir, ada juga Petrofisika dan selanjutnya termodinamika. Dilanjutkan dengan tingkat memasuki tahun ketiga, mahasiswa akan belajar tentang keilmuan Teknik Perminyakan Universitas Pertamina tentang sejumlah hal. Misalnya seperti teknik produksi, ada juga teknik pengeboran serta teknik reservoir beserta kerja praktiknya.

Pada tahun terakhir yaitu keempat para mahasiswa dari Universitas ini akan melakukan pemilihan terkait mata kuliah yang ingin diambil. Adapun ragam pilihan yang dapat dipilih meliputi teknik pengeboran, ada juga internship, dan teknik lainnya.

Keunggulan

Beberapa program studi yang terdapat pada perguruan tinggi ini tentunya memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya terlihat menarik. Simak keunggulannya di bawah ini:

  • Pertama sekolah ini diketahui mempunyai kedekatan tersendiri dengan industri dalam bidang energi. Oleh karena itu mahasiswa dinilai lebih mudah saat melakukan kerja praktek.
  • Kedua, proyek yang dijalankan ternyata terintegrasi dengan turut melibatkan berbagai rumpun bidang keilmuan yang cukup beragam di tingkat akhir. Selanjutnya yaitu kurikulum yang diberlakukan menganut sistem yang penyusunannya didapatkan pada ABET.
  • Selain itu, perguruan tinggi ini juga dilengkapi dengan fasilitas laboratorium guna mendukung berbagai kegiatan mahasiswa. Serta dibekali juga dengan energi yang tergolong baru dan yang sering dikatakan terbarukan.

Program Studi Paling Diminati

Diketahui dari saringan yang dilakukan saat ujian masuk pada tahap ke satu dan tahap yang kedua. Dimana program studi yang paling banyak diminati atau terfavorit bagi pendaftar adalah Teknik Perminyakan. Apabila dilakukan perbandingan terhadap beberapa program studi lainnya di Universitas tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Ichsan Setya Putra selaku Wakil Rektor dalam bidang Akademik dari perguruan tinggi ini. Dimana diketahui bahwa jumlah mahasiswa yang tertarik untuk memilih program studi teknik perminyakan mencapai 1300 orang yang ikut dalam ujian saringan.

Selain program studi tersebut nyatanya didapati sejumlah program studi lainnya yang juga menjadi unggul seperti teknik kimia, serta ada juga teknik geologi dan tidak ketinggalan manajemen. Dimana para calon mahasiswa memiliki alasan tersendiri untuk memilih prodi teknik maupun non teknik.

Demikian pembahasan mengenai Teknik Perminyakan Universitas Pertamina yang perlu untuk diketahui. Beberapa orang memang tertarik untuk memilih prodi tersebut ataupun perguruan tinggi karena beberapa hal. Salah satunya adalah sejumlah keunggulan yang ditawarkan serta dilihat dari segi lulusan yang memang dijadikan sebagai daya tariknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *