kenapa kartu atm tidak dapat diproses

Cara Mengatasi ATM Tertelan yang Berlaku di Semua Bank

Transaksi melalui mesin sangat mempermudah nasabah namun juga menguji nasabah ketika kartu yang dimilikinya tertelan pada mesin. Sudah sangat banyak yang mengalami kejadian ini karena beberapa faktor yang salah satunya adalah kelalaian nasabah. Ketika nasabah berada pada situasi ini ini ada beberapa cara mengatasi ATM tertelan yang dapat diikuti dengan benar.

Kejadian ini bukan hanya pada satu bank melainkan semua nasabah bank umum pernah mengalaminya. Ketika kejadian ini terjadi maka nasabah harus segera mengatasinya dengan mengunjungi bank tersebut. Nasabah dapat mengikuti cara mengatasi ATM tertelan yang berlaku di semua bank, berikut ini:

1. Jangan Panik

Ketika kartu yang sedang dimasukkan ke dalam mesin untuk melakukan transaksi tertelan yang harus dilakukan adalah jangan panik. Mungkin sulit untuk mengatasi hal ini namun ketika seseorang panik hanya akan memperlambat untuk mendapatkan kartu tersebut. Hindari kecemasan yang terjadi dengan mencari informasi terkait hal yang harus dilakukan.

👉REKOMENDED:  Cara Buka Rekening BNI Syariah Via Online dan Langsung

Jika nasabah berada di  ATM yang memiliki satpam maka dapat menanyakan solusi dan apa yang harus dilakukan. Mengetahui sesuatu solusi dan informasi akan membuat seseorang menjadi tenang dan segera mengurus nya untuk mendapatkan kembali kartu.

2. Hubungi Nomor Call Center

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menghubungi call center bank tersebut sesuai dengan nomor yang tersedia. Biasanya pada ATM akan tercatat nomor call center yang dapat dihubungi atau dapat mencari tahu melalui internet. Ketika call center telah menjawab nasabah harus menjelaskan semua kejadian yang terjadi sehingga kartu tertelan pada mesin.

Jika pada saat itu tidak ada pihak bank yang ingin membuka mesin maka nasabah akan dianjurkan mendatangi bank cabang terdekat. Setelah nasabah berbicara dengan petugas bank melalui nomor call center maka rasa panik nasabah akan berkurang.

3. Kunjungi Bank Cabang

Selanjutnya ada cara mengatasi ATM tertelan yaitu dengan mendatangi kantor bank cabang terdekat sesuai dengan arahan call center. Nasabah harus melakukan antri jika pada saat itu bank sedang menerima banyak nasabah. Setelah nasabah berada di hadapan petugas bank maka jelaskan secara perlahan terkait kejadian kartu yang tertelan.

👉REKOMENDED:  Pengertian Margin Call Saham, Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Pemula

Pilihlah bank cabang yang terdekat untuk mempercepat dalam mengatasi kartu yang tertelan. Pihak bank akan memberikan solusi terbaik dengan memblokir rekening tersebut sehingga pembuatan kartu ATM baru selesai.

4. Penuhi Syarat-Syarat

Pihak bank akan memberikan syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah untuk pembuatan kartu ATM baru. Syarat yang perlu dipenuhi tersebut digunakan untuk membuat kartu ATM baru sehingga nasabah bisa melakukan transaksi. Biasanya syarat tersebut berupa dokumen seperti identitas diri dan juga beberapa dokumen lainnya.

Untuk mendapatkan kartu ATM dengan cepat maka nasabah dapat menanyakan persyaratan yang perlu dibawa ketika menghubungi call center. Saat ini mengatasi kartu ATM yang tertelan sangat mudah hanya dengan beberapa dokumen pribadi tanpa harus dari pihak Kepolisian.

👉REKOMENDED:  Simak Perbedaan Emas Antam vs UBS Sebelum Mulai Berinvestasi

5. Mengisi Formulir Pengajuan Kartu ATM Baru

Setelah syarat terpenuhi sesuai dengan yang diminta oleh pihak bank selanjutnya nasabah dapat mengisi formulir. Formulir ini berisi data diri lengkap dan juga pernyataan untuk pengajuan kartu ATM baru diikuti dengan dokumen terlampir. Nasabah yang sudah mengisi formulir tersebut dapat menunggu untuk menerima kartu ATM baru.

Itulah cara mengatasi ATM tertelan yang berlaku di semua bank dan dengan mudah mendapatkan kartu baru. Saldo yang ada tidak akan berkurang namun pihak bank akan mengurus kartu yang tertelan pada outlet ATM tersebut. Kejadian ini sudah banyak terjadi dan nasabah tidak perlu khawatir karena saat ini mengurus kartu yang tertelan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.