perbedaan cpu dan gpu

Kenali Sederet Perbedaan CPU dan GPU yang Harus Diketahui

Setiap komputer dilengkapi komponen yang beragam untuk menjalankannya, termasuk di antaranya yaitu CPU serta GPU. Demikian pula dengan laptop yang dapat berfungsi maksimal dengan bantuan kedua komponen tersebut. Namun masih banyak orang belum memahami apa perbedaan CPU dan GPU. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan ketika ada bagian yang rusak, karena tidak memahami fungsinya. Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Pengertian

Unit Pemroses Sentral lebih dikenal dengan sebutan CPU di kalangan pengguna komputer. CPU adalah device yang paling utama pada sebuah komputer. Ibarat otak yang mengatur fungsi manusia, CPU adalah otaknya komputer. Hal ini wajar, karena CPU memiliki tugas yang tidak sedikit yakni pengolahan data dari instruksi maupun dari software. Biasanya CPU letaknya berdekatan dengan motherboard.

Unit Pemroses Grafis yang disebut juga GPU merupakan sirkuit elektronik yang berperan penting dalam tampilan grafis pada layar komputer. GPU memiliki tugas dalam pemrosesan gambar dan membuat manipulasi pada grafik di komputer.

👉REKOMENDED:  Apa Saja Aplikasi Rekam Layar Samsung, Simak Ulasannya

2. Cara Kerja

Cara kerja utama dari CPU yakni melakukan perintah yang diberikan program/software di dalam memori utamanya. Hal ini dilakukan dengan mengambil instruksi pada memori utama, kemudian satu per satu dieksekusi sesuai perintah. Ada dua tahap untuk melakukannya, yakni pembacaan instruksi (fetch) dan melaksanakan instruksinya (execute).

GPU bekerja dengan membaca data mentah yang diberikan komputer, kemudian melakukan kalkulasi pada berbagai posisi, gerakan, maupun permukaan dari objek 3D. Hasil kalkulasi ini akan memunculkan output gambar yang lalu dikirim menuju frame buffer. Selanjutnya, gambar akan dikirim menuju RAMDAC yang merubah informasi digital tadi menjadi bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.

3. Bentuk Fisik

Sebagai sirkuit elektronik yang terpasang dalam komputer, CPU memiliki bentuk persegi. Biasanya tercantum merk laptop yang menaunginya. Desain CPU memang terus mengalami perubahan seiring zaman, namun fungsinya sama. GPU umumnya berbentuk persegi panjang, dengan lingkaran hitam di sebelah kanannya.

👉REKOMENDED:  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik Saat Ini

Kartu grafis ini memiliki dua bentuk utama. Ada yang disebut dengan diskrit (terintegrasi langsung), ada juga yang dipasang di motherboard (GPU eksternal). Salah satu model GPU yang paling terkenal di pecinta game dan film adalah Nvidia dan AMD.

4. Komponen

Komponen yang berada dalam CPU ada tiga. Unit kontrol yang mengendalikan jalannya sebuah program, Register yang berfungsi sebagai penyimpanan data dalam ukuran kecil, serta Arithmetic Logic Unit (ALU) dengan tugasnya dalam operasi matematika dan logika sesuai instruksi yang ada.

GPU memiliki lima komponen. Video memori sebagai penyimpanan gambar, RAMDAC untuk mengatur fungsi grafis, Vidio BIOS sebagai pengontrol kartu grafis, BUS Interface sebagai penghubung kartu grafis menuju motherboard, dan Output Interface yang bisa menghubungkan kartu dengan monitor.

5. Kelemahan dan Kelebihan

Perbedaan CPU dan GPU juga terlihat dari kelemahan dan kelebihan yang dimiliki keduanya. CPU kuat dalam mengendalikan input hingga output, mengambil instruksi serta data dari memori utama, dan mengirimkannya menuju ALU hingga mengawasi kinerjanya. Namun kelemahannya adalah melekat di motherboard sehingga sulit diganti apabila rusak. Kinerjanya pun tidak bisa secanggih PC Desktop, karena belum dapat di upgrade.

Performa GPU unggul saat digunakan untuk bermain game karena tampilan grafisnya yang terasa hidup. Begitu juga untuk memutar video atau menonton film, GPU mampu menjernihkan gambarnya hingga full HD. Kekurangan GPU terletak pada pemakaian listrik yang boros dan terlalu mengandalkan optimasi dari Drivernya.

👉REKOMENDED:  5 Aplikasi Pemutar Musik Offline Android Terbaik yang Wajib Diunduh

Itulah daftar perbedaan CPU dan GPU yang penting untuk diketahui semua pengguna komputer ataupun laptop, sehingga jika suatu saat terjadi kerusakan dan dibawa menuju service center, pengguna juga sudah memahami maksud dari teknisi yang menanganinya. Selain itu juga lebih menyadari pentingnya merawat komponen tersebut agar lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.