Inilah Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Dijamin Ampuh

Inilah Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Dijamin Ampuh

Masa pandemi Covid-19 membuat aktivitas penggunaan handphone semakin meningkat karena beberapa aktivitas dilakukan secara online dari karyawan maupun siswa. Pengguna handphone wajib mengetahui cara mengatasi baterai hp cepat habis. Fungsi agar saat dibutuhkan daya ponsel masih banyak sehingga kegiatan tidak terganggu. Tidak pasti juga saat baterai habis membawa charge handphone atau menemukan colokan untuk mencharge handphone.

Mengingat bisa jadi pemadaman listrik bisa terjadi sewaktu-waktu menghemat daya menjadi pilihan. Untuk mengisi ulang daya handphone juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dipakai untuk mengatasi baterai cepat habis:

1. Mode Pesawat

Cara mengatasi baterai hp cepat habis yang bisa dilakukan ketika sedang tidak memerlukan hp. yaitu aktifkan mode pesawat  Mengaktifkan data terus menerus akan membuat daya ponsel terkuras walaupun tidak digunakan. Jadi, sebaiknya jika tidak digunakan data seluler harus dinonaktifkan.

Mematikan data seluler juga bukan salah satu cara terbaik mengurangi pemborosan daya. Hal ini dikarenakan bisa jadi masih ada beberapa sistem yang terus berjalan tanpa disadari. Lebih baik handphone dijadikan mode pesawat tujuannya agar bisa menghemat baterai handphone dan tidak terkuras habis.

2. Periksa Aplikasi yang Menguras Baterai HP

Mengetahui aplikasi yang membuat boros baterai hp adalah cara mengatasi baterai hp cepat habis. Jika ingin mengetahuinya bisa langsung mengeceknya pada pengaturan. Buka menu pengaturan, terdapat beberapa menu seperti wajah & sandi, layanan cerdas, alat serba guna, keamanan. Ada juga perangkat & privasi, baterai, kenyamanan digital & kontrol, bahasa dan kawasan serta pengaturan tambahan.

Pilih menu baterai lalu akan menemukan menu mode hemat daya, perlindungan konsumsi daya cerdas, penggunaan baterai, opsi penghematan baterai dan tampilan persentase baterai di bilah status. Klik penggunaan baterai maka akan ditampilkan penggunaan baterai oleh aplikasi-aplikasi yang terinstall. Akan ditampilkan pemakai baterai hp hari ini, kemarin dan kemarin lusa sehingga bisa terus dipantau konsumsi penggunaan daya hp.

3. Mengatur Pencahayaan Layar

Handphone yang tampilan pencahayaannya terlalu terang juga bisa mengakibatkan baterai boros. Cara mengatasi baterai hp boros bisa dengan mengatur pencahayaan layarnya. Pengaturan dapat diatur secara manual lewat toolbar pemberitahuan pada layar handphone. Geser panah menjauhi tanda matahari menuju tanda huruf A untuk semakin mencerahkan layar. Jika mendekatkan panah ke tanda matahari maka akan meredupkan layar.

Pencahayaan ini bisa diatur pula lewat pengaturan, di pengaturan terdapat beberapa menu seperti notifikasi & bilah status, layar & kecerahan, layar beranda & majalah layar kunci, suara & getaran, serta jangan ganggu. Masuk ke menu layar dan kecerahan lalu dibagikan atas terdapat pengaturan pencahayaan layar. Melalui pengaturan ini bisa mengatur sesuai kebutuhan, kecerahan otomatis untuk mengatur agar cahaya bisa menyesuaikan dengan mata. Suhu warna layar dapat diatur juga lebih sejuk, default, atau lebih hangat.

4. Matikan Fitur atau Aplikasi yang Tidak Digunakan

Matikan fitur atau aplikasi yang tidak digunakan seperti GPS, bluetooth, WiFi dan lainnya. Fitur atau aplikasi yang tidak digunakan yang masih bekerja akan menguras daya. Atur aplikasi di pengaturan untuk mengaktifkan saat digunakan dan menonaktifkan bila tidak dipakai.

5. Menggunakan Handphone saat Sedang Dicharge

Jangan menggunakan handphone saat sedang dicharge karena sebenarnya bisa menguras daya tanpa disadari. Handphone akan mengalami suhu di atas normal saat dicharge sehingga akan terus panas. Akibatnya handphone akan berkurang dayanya walaupun tidak dipakai Selain itu, menggunakannya saat dicharge malah bisa mengakibatkan kemungkinan terjadi ledakan.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai hp cepat habis yang dapat menjadi alternatif pilihan. Merawat handphone dan baterainya harus sering dilakukan untuk menghindari penurunan kinerja sehingga baterai cepat habis tanpa alasan. Berhati-hatilah saat menggunakan handphone dan ketahui penyebab daya berkurang sehingga bisa mencari cara untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *