Inilah Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak, Mudah dan Ampuh

Inilah Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Mudah dan Ampuh

Keyboard rawan  menghadapi kerusakan ataupun error hingga banyak tombol tak dapat dioperasikan dengan baik. Tidak usah resah, banyak cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak dengan mudah. Tak mampu mengetik, tombol macet, bahkan keyboard hanya dapat diketik satu kali, namun muncul banyak karakter merupakan beberapa kerusakan pada keyboard.

Permasalahan pada keyboard mampu dibenahi tanpa merogoh kocek terlalu dalam untuk memperbaikinya. Berbagai sebab keyboard error diantaranya ada permasalahan pengaturan sehingga terdapat banyak debu dan kotoran yang menyumbat keyboard. Berikut tutorial cara-cara yang dapat dilakukan guna memperbaiki keyboard laptop yang rusak:

1. Bersihkanlah Debu dan Kotoran

Jangan terlalu sering makan dekat keyboard atau jarang melakukan pembersihan karena mampu menghambat fungsi keyboard. Solusi alternatif yang mampu dilakukan yakni miringkanlah laptop 75- 90 derajat. Berikutnya, goyangkanlah laptop agar debu dan kotoran dari celah keyboard keluar. Pakailah pembersih guna melakukan pembersihan. Lepaskanlah semua tombol, selanjutnya bersihkanlah memakai kain lembut ditambah sedikit tetesan alkohol, apabila keyboard rusak terciprat air.

👉REKOMENDED:  Berikut 5 Aplikasi Penjernih Suara Video untuk Hasil Audio Berkualitas

2. Lakukan Restart pada Laptop

Merestart laptop yaitu satu dari sekian banyak cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak termudah dan ampuh. Tujuan agar berbagai permasalahan pada sistem kinerja laptop yang berakibat pada keyboard tidak dapat digunakan bisa diatasi. Apabila tidak bisa melakukan restart, tekanlah tombol powernya beberapa detik sebentar sampai laptop mati. Jika belum berhasil juga, tenang jangan panik masih bisa mengatasinya dengan cara lain.

3. Lakukanlah System Restore

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak lainnya adalah melakukan system restore. Terkadang cara ini sering dilakukan serta sangat diperlukan. Terlebih jika keyboard tidak lagi berfungsi seperti biasanya usai menginstal aplikasi. Hal itu bertujuan supaya kinerja laptop kembali seperti semula. System Restore mampu menjadi solusi efektif saat keyboard mengalami gangguan atau rusak akibat adanya permasalahan pada software.

Agar Windows pulih kembali, tekan Start menu, lalu pilihlah Control Panel.  Berikutnya, pilihlah opsi System and Security, ketuk Back up your computer adalah langkah selanjutnya. Berikutnya akan muncul tampilan baru, ketuk Recover system settings or your computer. Lalu, tekan Open System Restore. Ikutilah langkah Wizard agar mampu merestore windows. Reboot akan berjalan secara otomatis.

👉REKOMENDED:  Cara Menggunakan USB Bluetooth di DVD Player dan Speaker yang Bisa Dicoba

4. Periksalah Num Lock

Pengguna terkadang tanpa sengaja melakukan kesalahan dengan memencet tombol Num Lock aktif. Hal inilah yang mengakibatkan karakter yang muncul berbeda dengan tombol yang ditekan. Apabila itu terjadi menonaktifkan Num Lock, caranya tekanlah tombol Fn dan NumLk bersamaan atau memencet Capslock dan NumLock.

5. Lepaskanlah Baterai Laptop

Tombol keyboard gagal fungsinya juga mampu dibenahi, caranya yakni mereset laptop. Langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah mematikan laptop dahulu. Selanjutnya baterai dan kabel adaptor dilepas dan tunggu beberapa menit. Setelah itu, baterai mampu dimasukkan lagi serta laptop dihidupkan

6. Periksalah ke Service Center Resmi

Mampu jadi keyboard bermasalah lantaran adanya permasalahan tersebut karena hardware yang lebih rumit. Coba solusinya dengan  membawa laptopnya ke service center resmi apabila masih memiliki garansi. Apabila garansi tak berlaku, maka periksalah ke teknisi komputer profesional dibidangnya.

👉REKOMENDED:  5 Alternatif Cara Menghapus Channel YouTube Dari Perangkat Yang Berbeda

Tujuannya agar keyboard mampu diperbaiki dan diketahui penyebabnya. Apabila terdapat permasalahan pada keyboard dan dana perbaikan tak murah, maka pertimbangkanlah untuk diperbaiki atau menggantinya dengan perangkat baru.

Itulah 6 cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak yang dapat dicoba dan dipraktekkan langsung dengan mudah. Faktanya, keyboard rentan menghadapi kerusakan, maka pengguna harus rutin melakukan pembersihan keyboard. Memberikan cover pelindung untuk keyboard juga penting agar lebih awet digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.