Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Cara menggunakan kamera DSLR adalah hal yang wajib diketahui penghobi fotografi. Kamera (tustel) ini jelas menghasilkan foto dengan hasil yang lebih menawan dan berkesan profesional daripada jika memakai kamera ponsel. Tustel DSLR punya aneka ragam fitur dan teknologi yang terus berkembang. Seorang pemula tidak akan mudah beradaptasi dengan kamera jenis ini. Lakukan cara-cara di bawah ini:

1. Mengenali Fitur Kamera DSLR

Mempelajari dan mengenali berbagai fitur yang dimiliki adalah langkah pertama cara menggunakan kamera DSLR. Mulanya akan sulit menemukan pengaturan yang tepat sebab kamera DSLR ini fitur dan fungsinya sangat banyak. Fitur dan fungsi merk kamera yang satu akan berbeda dengan merk kamera yang lain. Ada merk tertentu yang menyediakan aplikasi sehingga pemilik tustel dapat mempelajari fitur lewat aplikasi. Yang jelas fitur harus dimengerti untuk membuat foto bagus.

2. Memperhatikan Jendela Bidik

Viewfinder atau kata lain dari jendela bidik adalah lubang kecil yang ditutup kaca pada sisi belakang tustel yang dipergunakan untuk membingkai objek yang difoto. Perhatikan baik-baik gambar yang terlihat pada viewfinder karena ini yang menentukan hasil foto. Pada kamera DSLR keluaran baru ada layar LCD untuk memonitor hasil potret. Pemakai bisa memilih menggunakan jendela bidik atau monitor LCD guna membingkai objek potret.

👉REKOMENDED:  5 Aplikasi Pemutar Musik Offline Android Terbaik yang Wajib Diunduh

3. Memakai Lensa yang Tepat

Hal ini tidak pernah dipikirkan saat memakai kamera ponsel, sebaliknya kamera DSLR adalah macam kamera dengan lensa yang dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan kamera DSLR juga harus didukung dengan lensa tustel yang tepat. Jangan lupa membersihkan lensa tustel setelah pemotretan usai. Udara lembab atau kadar garam dapat membuat lensa terkorosi atau ditumbuhi jamur. Lensa yang kotor membuat hasil foto jelek.

4. Belajar Teknik Pencahayaan

Salah satu cara menggunakan kamera DSLR agar hasil foto bagus adalah menata pencahayaan. Sinar alami adalah pencahayaan yang baik dari sebuah foto. Warna asli objek foto akan terlihat cerah dengan perpaduan warna bagus bila ada sinar alami. Sebab itu daripada menggunakan flash lebih baik fotografer berusaha mendapatkan sinar alami untuk fotonya. Sinar alami juga diatur agar jumlah sinar yang masuk ke lensa tepat dan hasil foto akan tajam.

👉REKOMENDED:  Aplikasi Menggambar di iPad dengan Tools Kreatif

5. Menata Komposisi Foto

Fotografer profesional memakai aturan sepertiga atau rule of thirds guna mengatur komposisi foto sebagai cara menggunakan kamera DSLR yang baik. Rule of thirds secara simpel adalah membuat objek foto selaras dengan sekelilingnya dan terpusat pada posisi tertentu di dalam bingkai foto. Mudahnya, bagilah bingkai foto jadi tiga bagian sama besar, bidik salah satu objek pada tiga bagian dengan backgroundnya, niscaya hasil foto yang bagus akan didapat.

6. Menentukan Background

Cara menggunakan kamera DSLR yang baik berikutnya adalah menentukan pusat objek dengan background yang cocok. Caranya dilakukan dengan mengatur fokus secara manual, kemudian mencocokkan focal length. Tujuannya supaya bisa mendapat komposisi foto dengan background buram tetapi potret justru tampak lebih hidup. Berlatihlah dengan tekun untuk mendapatkan hasil yang membuat fokus yang dibidik tampak hidup.

👉REKOMENDED:  7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Pengasah Otak

Itulah cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula. Tidak mudah memang untuk mendapat hasil foto yang bagus jika belum terbiasa memakai kamera jenis ini. Tidak ada salahnya mencoba, melakukan trial dan error. Jika pengguna sudah mahir memakai kamera DSLR ini, maka saat memakai kamera ponsel pun hasilnya akan bagus. Usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.