5 Cara Membuka Blokir Kartu Smartfren yang Mudah Dilakukan

5 Cara Membuka Blokir Kartu Smartfren yang Mudah Dilakukan

Cara membuka blokir Kartu Smartfren tidaklah sulit untuk dilakukan asalkan prosedur-prosedur yang ada diikuti sebaik-baiknya. Pemblokiran kartu bisa terjadi bila pemilik kartu tidak melakukan isi ulang pulsa pada masa yang ditentukan. Smartfren juga pernah  melakukan pemblokiran masif yang terjadi sebagai akibat ketentuan pemerintah. Dimana pemerintah hanya mengizinkan satu orang dengan satu nomor NIK cuma boleh mempunyai maksimal tiga nomor ponsel yang berbeda.

Sebelumnya memang banyak warga negara terlalu sering berganti nomor ponsel sebab pembelian dan pengaktifan nomor ponsel sangat mudah. Akibatnya ada oknum yang memanfaatkan kemudahan memiliki nomor ponsel ini untuk melakukan tindak kejahatan. Di bawah ini ada beberapa hal untuk membuat Kartu Smartfren yang terblokir aktif kembali:

1. Mempersiapkan Dokumen yang Diperlukan

Pemerintah mensyaratkan semua pemilik nomor ponsel harus didata tidak terkecuali pemilik kartu lama. Untuk cara membuka blokir kartu Smartfren pun diperlukan data ataupun fotokopi dokumen yang mesti dipersiapkan. Nantinya yang akan diminta adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang serupa dengan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK). Setelah dua data ini siap, barulah pemakai dapat melakukan langkah selanjutnya.

2. Membuka Blokir lewat SMS

Untuk kasus kartu SIM yang diblokir karena ketentuan pemerintah tentang nomor ponsel tahun 2018, pengguna bisa membuat aktif kembali nomor kartu SIMnya dengan dua data tersebut (di no. 1). Walaupun pengguna sudah tidak lagi dapat mengirim SMS keluar, pengguna dapat mengirimkan SMS yang disebut SMS registrasi pada nomor 4444. Ketikkan kata ULANG diikuti spasi lalu enam belas nomor NIK diikuti tanda pagar diikuti enam belas kartu KK dan diikuti tanda pagar.

3. Mengaktifkan Blokir pakai Kode PUK

Cara membuka blokir Kartu Smartfren khusus bagi pengguna yang pakai PIN di kartu SIMnya bisa melalui pakai kode PUK. Tujuannya untuk memproteksi nomor ponselnya. Konsekuensi bagi pemakai PIN seperti ini, apabila salah menginput kode PIN tiga kali, kartu SIMnya akan terblokir. Saat inilah pengguna memerlukan kode PUK untuk membuka blokirnya.

PUK  code itu nomor unik yang memang diberikan oleh provider kartu bagi pengguna kartu yang kartu SIMnya diblokir karena lupa nomor PIN. Nomor unik PUK ini akan didapatkan di karton kecil pembungkus kartu SIM yang dibeli. Pengguna menggunakan kode PUK untuk mengaktifkan blokiran.

3. Mendatangi Galeri Smartfren

Agar bisa mengaktifkan blokiran kartu Smartfren pengguna bisa mendatangi Galeri Smartfren. Pada pusat service ini pengguna bisa membuka blokir kartu SIM lama, membuat aktif SIM card baru ataupun menyelesaikan persoalan lain yang dialami oleh pengguna. Cukup mengambil nomor dan menunggu giliran untuk berbicara dengan service pelanggan.

Guna mengetahui Galeri Smartfren mana yang paling dekat dengan tempat tinggal, pengguna bisa mendapatkan informasi di website Smartfren https://www.smartfren.com/id. Galeri Smartfren biasanya terdapat di tempat-tempat seperti ruko, mall atau pada kantor pusat operator tersebut di kota itu. Jangan lupa membawa data KTP dan KK.

4. Menelpon Pusat Layanan

Cara membuka blokir Kartu Smartfren dengan menelpon Pusat Layanan (Call Center) bisa dilakukan jika kartu pengguna terblokir. Hubungi Pusat Layanan, tentunya dengan ponsel lain yang tidak terblokir, dari telepon rumah maupun telepon kantor. Layanan konsumen dari Pusat Layanan akan membantu pengguna untuk membuka blokir kartunya. Pusat Layanan biasanya beroperasi dalam 24 jam.

Melakukan ini tidak sulit, tetapi pengguna harus memiliki pulsa atau mengeluarkan biaya telepon untuk melakukannya. Nomor Pusat Panggilan Smartfren adalah 888 dari nomor Smartfren atau +628811223344 dari nomor operator lain. Jika pengguna memakai telepon rumah atau kantor saat menghubungi Pusat Panggilan nomornya adalah 021-50100000.

5.  Membuka Blokir via Website

Alamat website dari Smartfren adalah https://my.smartfren.com/. Pada website ada pilihan untuk mengirim email pada Pusat Layanan Smartfren. Cara ini bisa dilakukan pengguna, jangan lupa menyebutkan nomor ponsel anda yang terblokir. Layananan pelanggan akan membalas email pengguna via email atau menelpon pengguna.

Demikianlah lima cara membuka blokir Kartu Smartfren. Diantara beberapa cara tersebut cara yang paling tidak ribet adalah mendatangi pusat layanan pelanggan. Jika pelanggan tidak ingin meninggalkan rumah, pengguna bisa memilih layanan lewat website, email atau telepon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *