Cara Menggunakan Modem MiFi Smartfren 4G dengan Mudah

Cara Menggunakan Modem MiFi Smartfren 4G dengan Mudah

Modem menjadi opsi pemakaian internet yang praktis. Selain mudah digunakan, modem juga bisa dibawa ke berbagai tempat sehingga dapat diandalkan untuk memakai internet kapan saja. Modem keluaran Smartfren, dikenal juga MiFi, merupakan salah satu favorit masyarakat. Cara menggunakan modem MiFi Smartfren cukup mudah dan tak berbeda jauh antara satu tipe dengan tipe lainnya. Jika ingin mengetahui cara mengoperasikannya, ikuti langkahnya di bawah ini:

1. Aktivasi Modem

Lakukan aktivasi pada modem. Setelah melakukan pembelian modem beserta kartunya, pertama selesaikan proses aktivasi dengan mengetikkan beberapa data. Jangan ragu untuk menanyakan pada petugas tempat membeli modem jika bingung dalam pengisiannya. Apabila pembelian dilakukan di grapari Smartfren bisa meminta bantuan petugas dalam mengaktifkan modemnya.

2. Menghubungkan Jaringan pada Perangkat yang Digunakan

Aktifkan mode WLAN pada laptop atau hp. Cara menggunakan modem MiFi Smartfren selanjutnya temukan jaringan yang ingin dihubungkan. Biasanya nama bawaan dari modem adalah tipe MiFi Smartfrennya. Masukkan password yang telah dibuat. Jika belum membuat kata sandi, pengguna dapat menggunakan password bawaan yang tertera pada kemasan modem. Dengan demikian pengguna berhasil tersambung dengan modem dan bisa mulai berselancar di internet.

3. Melakukan Pengaturan

Lakukan pengaturan setelah berhasil terkoneksi ke MiFi Smartfren. Hal ini bisa dilakukan baik dari laptop maupun hp. Bukalah browser, kemudian ketikkan andromax.m3y. Pengguna akan dibawa ke halaman untuk log in. Masukkan username beserta kata sandi. Pada login pertama ini masukkan username dan password dengan tulisan “admin” di kolom yang tersedia. Langkah ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi MyLink, khusus untuk pengguna hp Android.

4. Memeriksa Sisa Kuota

Buka halaman resmi Smartfren di https:www.smartfren.com/ atau bisa juga melalui aplikasi MySmartfren yang bisa diunduh dengan ukuran 53 MB di Play Store. Cara menggunakan modem MiFi Smartfren dalam mengecek sisa kuota adalah menekan pada kotak yang ada di atas, sebelah kiri. Terdapat informasi dari nomor Smartfren pengguna. Mulai dari jumlah pulsa, kuota yang tersisa, masa tenggang, hingga bonus yang dimiliki kartu tersebut.

5. Mengisi Kuota

Isilah pulsa sesuai jumlah kuota yang diperlukan. Setelah itu buka website resmi Smartfren atau aplikasi MySmartfren. Ketuk pada pilihan “Pilih Paket Saya”, maka akan muncul daftar paket yang ditawarkan beserta informasi biaya dan masa berlakunya. Setelah menentukan, pilih “Beli Sekarang” dan pulsa otomatis terpakai. Sekarang kuota sudah terisi dan bisa digunakan.

6. Merubah Username dan Sandi

Klik pada opsi “Settings” di bagian tersebut akan muncul beberapa sub menu pengaturan. Cara menggunakan modem MiFi Smartfren untuk merubah nama dan sandi ini cukup mudah. Pilih pada “Quick Settings” setelah itu akan ada kolom WiFi SSID. Ketikkan nama yang diinginkan di kolom tersebut.

Kemudian bukalah “Open” lalu “Secure” untuk melakukan penggantian password. Masukkan kata sandi yang dibuat sendiri ke kolom WiFI Key, lanjutkan dengan ketuk “Apply” maka username dan password sudah berhasil diganti. Pengguna disarankan untuk rutin melakukan perubahan password. Apabila tidak diberi kata sandi khusus maka orang bisa mengaksesnya tanpa izin. Begitu pula jika password lama tidak diganti dan terlanjur diketahui orang lain.

Itulah cara menggunakan modem MiFi Smartfren yang bisa diterapkan untuk 4G LTE dan tipe MiFi lainnya. Kemudahan dalam menggunakan internet sekarang merupakan hal yang dibutuhkan. Apalagi dengan lincahnya mobilitas dimana banyak hal bisa dilakukan dan dicapai menggunakan bantuan internet. Tidak heran jika MiFi Smartfren terus berinovasi dalam memperbaiki kualitas modemnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *