Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Dijamin Ampuh

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Dijamin Ampuh

Hardisk merupakan bagian penting yang berperan untuk menyimpan data dalam sebuah komputer. Kepopulerannya terkait dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari SSD. Bagian ini terkadang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan. Cara mengatasi Hardisk tidak terbaca bisa dilakukan dengan beberapa pilihan, sehingga jika salah satunya belum berhasil bisa diatasi dengan metode lainnya. Inilah beberapa metode yang bisa dicoba:

1. Install Ulang Driver

Tekan “Start” kemudian arahkan kursornya menuju “Computer”. Klik kanan, lalu pada opsi yang muncul pilih “Properties”. Selanjutnya ketuk “Device Manager” dan periksa kabel USBnya. Bagian ini ditandai dengan tanda seru kuning bertuliskan “USB Attached SCSI”.

Setelah menemukannya, pada device tadi klik kanan kemudian pilihlah “Update Driver”. Lanjutkan dengan “Browse My Computer”. Pilih opsi untuk memilih sendiri device yang ingin diinstal kembali, bertuliskan “Let Me Pick” selanjutnya tekan “next” lalu tunggu hingga proses instalasinya selesai.

👉REKOMENDED:  Cara Memindahkan Kontak dari Iphone ke Iphone dengan iCloud

2. Merubah Letter Harddisk

Bukalah “Disk Management” pada kolom pencarian laptop. Cara mengatasi Hardisk tidak terbaca selanjutnya adalah menambah letter di Hardisk eksternal. Hal ini biasanya berlaku pada kasus dimana Hardisk eksternal telah tersambung, namun tidak ada letter-nya.

Setelah muncul “Disk Management” berikutnya klik kanan pada disk yang letter-nya hendak diganti. Tekan “Change Driver Letter” berikutnya untuk menambahkan letter drive bisa pilih “Add” ataupun “Change”. Sesudah itu, ikuti petunjuk hingga selesai dan letter berhasil ditambahkan,

3. Mengatur Ulang Disk Management

Di kolom pencarian laptop, ketikkan “Disk Management”. Kemudian pilih tulisan “Create & Format Hardisk”. Bisa juga dengan memunculkan halaman Run melalui shortcut “Windows + R”. Saat halaman Run telah berhasil ditampilkan, ketiklah “diskmgmt.msc” maka pengguna akan dibawa ke halaman “Computer Management”.

Nantinya pengguna dapat melakukan format pada drive sehingga data akan terhapus. Pastikan data yang ada sudah di backup. Dengan melakukan format, biasanya Hardisk yang tidak terbaca bisa kembali normal.

👉REKOMENDED:  Kantor Google Indonesia Dengan Fasilitas Ternyaman

4. Mengganti Casing Hardisk

Periksa casing dari Hardisk eksternal. Di sana terdapat banyak komponen yang tugasnya melindungi isi Hardisknya. Jika komponennya mengalami kerusakan meski hanya beberapa bagian, hal itu bisa mempengaruhi kinerja Hardisk hingga tidak terbaca.

Lakukan pemeriksaan apakah ada yang rusak pada casing-nya. Apabila sudah tidak bisa diperbaiki, cara mengatasi hardisk tidak terbaca bisa dilakukan dengan mengganti casing yang rusak. Pilihan ini lebih bijak karena casing rusak justru akan menurunkan performa Hardisk.

5. Mengganti Kabel USB

Pertimbangkan untuk mengganti kabel USB pada Hardisk. Penyebab tidak terbacanya data di Hardisk eksternal bisa terjadi karena masalah di kabel USB. Pada Hardisk, ada dua jenis kabel yang bisa digunakan yakni USB to USB, atau male.

Keduanya merupakan tipe C yang berukuran cukup tebal. Jika kerusakan ini tidak ditangani, bisa menurunkan fungsi untuk mengirim data hingga gangguan pada daya listrik. Hal inilah yang menimbulkan datanya tidak bisa terbaca.

👉REKOMENDED:  Cara Scan Kode QR WiFi di Android, dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

6. Menggunakan SSD

Ganti Hardisk yang rusak dengan SSD. Media untuk menyimpan data dalam jumlah besar ini bisa dijadikan opsi pilihan. Fungsi yang serupa dengan Hardisk membuat SSD mulai banyak dipilih oleh pengguna laptop saat ini. Kelebihan SSD terletak pada kinerjanya yang cepat, perawatan yang mudah, dan awet untuk menyimpan data.

Wajar, karena SSD memanfaatkan chip flash berupa NAND untuk menyimpan datanya. Berbeda dengan Hardisk yang memakai piringan magnetis. SSD dapat menyamai kemampuan CPU hingga RAM sehingga performa laptop aman.

Itulah beberapa cara mengatasi Hardisk tidak terbaca yang dapat dilakukan sendiri. Perlu memperbanyak informasi mengenai penyebab Hardisk mengalami kerusakan dan bagaimana merawatnya sehingga lebih awet. Apalagi Hardisk adalah komponen yang cukup krusial karena dapat menyimpan data berukuran besar yang bisa digunakan hingga kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.