Inilah Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Pada Komputer

Inilah Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Pada Komputer

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan dokumen, gambar, video yang dapat terhubung pada komputer dengan penyimpanan berukuran gigabyte. Penggunaan flashdisk biasanya untuk menyimpan dokumen sehingga dapat dibuka melalui komputer lain. Ada penyebab Flashdisk tidak terbaca pada komputer sehingga membuat pengguna sulit membuka file.

Banyak pengguna komputer yang memiliki flash disk untuk melakukan penyimpanan tambahan atau melakukan penyimpanan cadangan untuk dipindahkan ke komputer lain. Hadirnya flashdisk sangat membantu para pengguna komputer untuk membawa data ke mana saja tanpa harus membawa komputer. Langsung saja ketahui penyebab Flashdisk tidak dapat terbaca pada komputer, berikut ini:

1. Kondisi yang Kotor

Penyebab pertama yang sangat sering terjadi yaitu kondisi flashdisk yang kotor karena penyimpanannya yang sembarangan. Kondisi yang kotor membuat Flashdisk tidak terbaca karena adanya penumpukan debu di dalamnya. Pastikan pengguna untuk selalu membersihkan atau menjaga flashdisk dari tempat yang tidak terjangkau kotoran.

Pengguna dapat membuka bagian dalam flashdisk sehingga dapat mengetahui kondisi yang mempengaruhi tidak terbaca pada komputer. Terlihat sepele namun sangat berpengaruh. Jika kotoran tersebut sudah menumpuk di dalam wajar saja kalau flashdisk tidak terbaca.

👉REKOMENDED:  Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Dijamin Ampuh

2. Tidak Pernah Melakukan Eject

Flash disk berfungsi ketika pengguna memasukkannya ke USB port pada komputer atau laptop. Selama pemakaian flash disk tersebut semua data dan dokumen dapat disimpan bahkan dikeluarkan sesuai keinginan pengguna. Saat flash disk dikeluarkan jangan asal cabut dan harus melakukan eject melalui komputer atau laptop.

Melakukan tindakan ini sangat simpel namun sulit dilakukan oleh kebanyakan pemilik flashdisk. Langsung mencabut flashdisk tanpa melakukan tindakan tersebut dapat menimbulkan virus yang tersangkut dari komputer tersebut.

3. Flashdisk Telah Rusak

Penyebab Flashdisk tidak terbaca pada komputer kemungkinan adanya kerusakan pada flashdisk sehingga tidak dapat digunakan lagi. Jika hal ini terjadi maka pengguna harus membeli flashdisk yang baru. Kerusakan pada flashdisk biasanya terjadi karena pengguna tidak merawatnya dan ceroboh terkait meletakkannya.

👉REKOMENDED:  Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB dengan Berbagai Langkah

Jika pengguna ingin membeli kembali flashdisk maka pastikan pengguna merawat dan menaruhnya di tempat yang aman. Kerusakan yang terjadi sudah tidak bisa di dikembalikan. Jadi, semua data yang ada pada flashdisk akan hilang.

4. Telah Terkena Virus

Sudah tidak asing lagi bagi pemilik flashdisk jika mendengar adanya virus yang menyebabkan tidak terbacanya flashdisk. Virus yang ada pada flashdisk akan sulit terbaca oleh komputer bahkan dapat menyebarkan virus ke komputer tersebut. Flashdisk mendapatkan virus biasanya pengguna terlalu sering memasukan flashdisk ke sembarang komputer asing secara terus-menerus.

Flashdisk yang sudah terkena virus bisa menjadi rusak bahkan semua file yang ada akan hilang. Tips bagi pengguna jangan asal meletakkan flashdisk ke komputer asing yang belum diketahui adanya virus. Biasanya hal ini yang akan mengantarkan virus ke dalam flashdisk.

5. Flashdisk Palsu

Jika tidak terbaca pada komputer tentu membuat pengguna sangat resah terkait penyebabnya. Apabila penyebab di atas sudah teratasi atau bahkan flashdisk tersebut masih baru kemungkinan pengguna telah ditipu oleh penjual. Saat ini banyak penjual yang menjual flashdisk palsu sehingga tidak bisa terbaca oleh komputer.

👉REKOMENDED:  Bagaimana Cara Memindahkan Tulisan di Foto ke Word Ini Tahapannya

Mungkin terlihat dari luar hal tersebut merupakan flashdisk namun didalamnya tidak berisi apapun. Hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa sebuah Flashdisk tidak terbaca ketika dalam kondisi baru.

Itulah penyebab flashdisk tidak terbaca pada komputer yang dapat diatasi dengan mudah. Merawat dan mengecek kondisi flashdisk sangat penting agar hal ini tidak terjadi. Flashdisk memiliki bentuk yang mini namun manfaatnya sangat besar yaitu menyimpan file yang berukuran besar. Saat ini, flashdisk sudah hadir dengan kapasitas memori yang cukup besar untuk menerima dan memberi file pada komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.