Cara Menghapus File Sampah di RAM, Terbukti Ampuh Membersihkan Penyimpanan

Cara Menghapus File Sampah di RAM, Terbukti Ampuh Membersihkan Penyimpanan

RAM pada HP yang digunakan terus-menerus pasti akan penuh dengan file sampah yang tidak diperlukan. Sampah tersebut adalah hasil dari proses yang dilakukan pada perangkat. Bagi yang ingin membersihkannya, harus mengetahui cara menghapus file sampah di RAM terlebih dahulu. Caranya sendiri harus dibantu dengan aplikasi tambahan yang bisa diunduh.

Ada dua aplikasi yang bisa membantu menghapus filefile sampah dan sudah terbukti ampuh membersihkan. Dua aplikasi tersebut adalah Nox Cleaner dan Clean Master. Mungkin sudah banyak yang mendengar dua aplikasi ini. Tapi mungkin saja ada yang belum tahu cara menggunakannya. Berikut penjelasan rincinya:

Menghapus File Sampah dengan Nox Cleaner

Aplikasi yang dikembangkan oleh Nox Ltd dan sudah diunduh puluhan juta kali. Ulasan dari para pengguna juga sangat positif, menandakan jika aplikasi ini terbukti mampu membersihkan file sampah. Selain untuk membersihkan sampah, aplikasi ini juga berguna untuk berbagai hal. Misal, mempercepat HP dan meringankan HP.

👉REKOMENDED:  Jangan Khawatir! Inilah 5 Aplikasi Penambah RAM Terbaik di Android

Fitur pendingin juga sudah tersedia. Jadi, jika HP mulai panas tinggal aktifkan fitur pendingin pada aplikasi ini. Nox Cleaner tergolong sebagai aplikasi ringan dan tidak membuat HP semakin berat. HP jenis apa pun bisa menggunakan aplikasi ini tanpa kendala berarti. Berikut cara penggunaan Nox Cleaner untuk menghapus file sampah:

  • Unduh Aplikasi Nox Cleaner dan lakukan pemasangan pada perangkat.
  • Jika sudah, buka aplikasinya.
  • Tekan tombol “Clean” yang ada di layar utama. Tombol ini berfungsi untuk membersihkan file
  • Secara otomatis, HP akan menunjukkan berapa jumlah sampah yang harus dibersihkan.
  • Jika gagal, tekan tombol “Grant Permission” yang sudah disediakan.
  • Aktifkan akses dengan menggeser tombol atau menghidupkannya.
  • Maka, proses pembersihan bisa ditunggu hingga selesai.

Cara ini adalah cara yang terbilang singkat dan simpel. Tidak perlu menunggu lama hingga proses dapat diselesaikan. Meskipun prosesnya terkesan sederhana dan cepat, tapi file sampah yang ada di perangkat bisa dibersihkan secara mendetail. Pengguna baru juga tidak akan bingung karena aplikasi ini menyuguhkan tampilan yang cukup sederhana.

👉REKOMENDED:  Cara Mengganti Usia di YouTube Menggunakan Akun Gmail

Menggunakan Clean Master untuk Membersihkan File Sampah

Cara menghapus file sampah di RAM satu ini juga membutuhkan aplikasi tambahan yang bernama Clean Master. Aplikasi ini dikembangkan oleh Apps Clean dan sudah diunduh puluhan juta kali. Bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi yang menyaingi Nox Cleaner dengan berbagai fungsi dan kelebihan.

Salah satu yang paling menonjol adalah fitur menghapus file sampah. Selain itu, juga ada fitur pendingin CPU, antivirus, dan masih banyak lagi. Sebenarnya untuk kelengkapan fitur tidak jauh berbeda dengan Nox Cleaner, hanya saja aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Berikut langkah menghapus file sampah yang bisa dilakukan:

  • Unduh dan pasang aplikasi Clean Master di HP.
  • Buka aplikasinya dan secara otomatis akan memindai berkas sampah.
  • Pilih menu “Pengoptimalan Memori” untuk menghentikan proses penggunaan aplikasi yang berjalan.
  • Nantinya akan tampil daftar aplikasinya, lalu klik “Optimalkan” yang ada di bagian paling bawah.
  • Kembali ke menu utama dan klik “Junk File” yang isinya adalah file
  • Klik “Bersihkan Sampah” yang ada di bagian paling bawah.
  • Tunggu prosesnya beberapa saat.
  • Jika sudah, maka proses menghapus file sampah sudah selesai.
👉REKOMENDED:  Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar iPhone Terbaik

Itulah cara menghapus file sampah di RAM dengan mudah. Dua cara di atas sangat ampuh membersihkan berkas sampah yang ada di perangkat. Setelah berkas sampah dibersihkan, maka HP akan semakin cepat dan tidak lemot. Usahakan rutin untuk melakukan pembersihan agar HP tidak berat dengan berkas sampah yang tidak penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.