Mengenal Jurusan Tata Rias UNJ dan Prospek Kerjanya

Sekarang ini peminat make-up di Indonesia semakin banyak dan hal itu mendorong banyak timbulnya jurusan tata rias di Indonesia. Salah satu jurusan tata rias yang paling banyak penggemar adalah jurusan tata rias UNJ. Bisa dikatakan bahwa jurusan ini merupakan yang paling populer, dan uniknya jurusan ini masuk dalam fakultas teknik.

Akreditasi yang Dimiliki

Jurusan ini masuk ke dalam fakultas teknik dan memiliki penilaian yang sangat baik dari BAN-PT. Hal itu berarti jurusan tata rias UNJ ini memiliki akreditasi A. Tentunya hal ini bisa tercapai karena jurusan ini menyediakan fasilitas terbaik. Selain itu jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang sangat tinggi.

Hal yang Dipelajari

Lalu apa saja yang dipelajari di jurusan ini, apakah hanya sekedar make up saja atau ada beberapa mata kuliah lainnya. Ini merupakan hal unik yang nantinya akan membuat mahasiswa kaget. Karena ada beberapa matkul yang tidak akan disangka oleh mahasiswanya.

1. Rias Pengantin

Hal pertama yang dipelajari di jurusan ini bisa dikatakan sebagai tujuan utama dari jurusan ini yakni rias pengantin. Perlu diketahui kalau dalam merias pengantin ini teknik yang digunakan tidak sama dengan rias biasa. Ada beberapa hal yang menjadi acuan untuk bisa menciptakan make up paripurna saat pernikahan.

2. Kimia

Ini merupakan kejutan pertama yang mungkin tidak akan disangka oleh mahasiswa tata rias akan dipelajari. Karena siapa yang berpikir akan menemukan kimia ketika melakukan make up? Tapi ternyata ini berhubungan dengan konsumen nantinya. Sebab make up tersusun atas senyawa kimia yang tentunya tidak boleh asal diletakan di muka harus hati-hati.

3. Anatomi Tubuh

Selain kimia mata kuliah selanjutnya yang menjadi kejutan bagi mahasiswa adalah anatomi tubuh. Kenapa ada pelajaran ini, karena di make up akan dijelaskan bagian mana yang boleh disentuh dan bagian mana yang tidak boleh. Karena memang tidak bisa sembarangan, dan harus diperhatikan dengan baik semuanya.

4. Tata Rambut

Selain mempelajari make up hal lainnya yang juga dipelajari di sini adalah teknik menata rambut. Hal ini bisa dibilang satu paket dengan tata rias. Karena memang biasanya orang akan menyewa jasa sekalian yakni hair do & make up. Jadi tentunya hal ini juga dipelajari di jurusan ini. Meskipun tidak terlalu menyeluruh.

5. Rias Wajah

Bisa dikatakan kalau ini adalah hal utama yang memang pasti dipelajari di jurusan ini. Karena tentunya make up di UNJ berhubungan dengan rias wajah. Tapi rias wajah yang dipelajari di sini tidak hanya rias wajah sederhana saja. Lebih dari itu ada yang rumit seperti make up karakter dan sebagainya. Jadi tidak bisa sembarangan.

6. Busana

Tidak hanya rambut dan make up, tapi jurusan ini juga mengajarkan busana kepada mahasiswanya. Karena perlu diingat bahwa make up akan disesuaikan juga dengan busana yang digunakan. Jadi memadupadankan makeup dan baju juga dipelajari di sini. Oleh sebab itu tidak heran jika busana masuk ke dalamnya.

Prospek Kerja

Lalu sebenarnya kemana prospek kerja dari jurusan ini. Tenang saja, prospek kerja di jurusan ini sangat luas. Karena alumninya bisa membuat salon, bekerja sebagai make up artist, rias pengantin, dsb. Bahkan selain itu juga bisa berkarya di film seperti menjadi make up karakter. Bisa juga menjadi beauty vlogger.

Bagi yang masih ragu untuk menjadi bagian dari jurusan tata rias UNJ, buang jauh-jauh keraguan itu. Karena dari mulai akreditasi yang dimiliki sampai prospek kerja yang ditawarkan semuanya yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *