Pengertian Margin Call Saham, Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Pemula (beefmagazine.com)
Pengertian Margin Call Saham, Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Pemula (beefmagazine.com)

Pengertian Margin Call Saham, Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Pemula

Memahami margin call saham sudah menjadi kewajiban bagi Anda yang berkecimpung di dunia saham dan investasi. Hal ini mengingat betapa berpengaruhnya antara orang yang paham perihal ini, dengan mereka yang tidak paham. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mempelajarinya.

Sebelum masuk ke dalam dunia investasi, bagi pemula perlu memahami lebih dalam lagi pengertian dan istilah di dunia investasi. Saham adalah bukti fisik terkait kepemilikan modal seseorang atau badan usaha atas suatu perusahaan atau perseroan.

Trading adalah kegiatan jual beli investasi di pasar modal. Saham dan trading adalah sama, yang membedakan adalah jarak waktu keduanya. Jika saham adalah investasi dalam tempo pendek sedangkan saham adalah investasi dalam jangka panjang. Setelah memahami bab dasar ini, Anda akan lebih mudah memahami kata-kata dalam pembahasan di artikel setelah ini.

Anda atau seorang trader maupun pemegang saham, membeli saham dengan tujuan meraup keuntungan cuan. Mereka akan mendapat beberapa hak dividen dan keuntungan lainnya. Namun, seorang trader atau pemegang saham juga mempunyai beberapa kewajiban

👉REKOMENDED:  Ketahui Cara Buka Rekening Bank BJB Online oleh Calon Nasabah

Bila Anda sebagai pemegang saham atau trader tidak memiliki ilmu saham secara mendetail, atau tidak ada komunitas, maka yang akan terjadi adalah kerugian yang mendatangi Anda, bukan keuntungan. Karena dalam dunia investasi, di balik keuntungan ada risiko yang ditanggung. Semakin besar keuntungan yang dijanjikan, semakin besar pula risiko yang mengintai.

Pengenalan Margin Call Saham dan Cara Menghindarinya

Salah satu risiko dalam dunia bisnis adalah ini. Seberapa penting ilmu ini, sebab sebab hal ini terjadi serta cara  menghindarinya akan Anda temukan di artikel ini

Pengertian

Margin call saham adalah seorang broker meminta kepada Anda seorang trader untuk menyetor uang ke dalam trading atau investasi Anda. Hal ini terjadi akibat kerugian posisi Anda, Posisi yang dimaksud adalah sekuritas mata uang atau komoditas yang Anda punya

👉REKOMENDED:  Saham Biasa adalah Jenis Kepimilikan, Ciri dan Keuntungan Khusus

Broker yang termaksud di atas adalah perusahaan sekuritas yang bergerak untuk memberikan pinjaman dana dalam kegiatan tanam modal.

Konsep

Perusahaan yang bergerak dalam bidang sekuritas bisa menyediakan margin trading dengan limit tertentu bagi investor dengan dana yang ada. Contoh, Pak Tommy ingin membeli saham dengan harga 100 juta. Namun ia hanya punya uang 50 juta dalam rekening. Nah, Pak Tommy tetap bisa membeli 100 juta saham, dengan catatan 50 juta berasal dari perusahaan sekuritas.

Perusahaan sekuritas bergerak seperti bank dalam memberikan pinjaman, mereka akan menarik bunga dalam hitungan per hari. Selain itu, peminjam juga harus memenuhi margin 50 juta dalam waktu 5 hari kerja.

Penyebab Terjadinya Margin Call Saham

Inilah beberapa sebab terjadinya  margin cell yang bisa Anda antisipasi agar tidak mengenai Anda.

Terlalu gegabah. Seperti dalam pembahasan sebelumnya. Dalam pembelian saham harus ada beberapa tahap yang dilewati. Diantaranya adalah, Anda harus menganalisa indikator teknikal saham agar tidak terjadi kesalahan. Bila tidak, Anda akan mudah tergiur dan akhirnya jatuh kepada kerugian

👉REKOMENDED:  Service AC Surabaya Simak Manfaatnya Berikut Ini

Tidak mempunyai tujuan yang jelas. Awal sekali sebelum masuk dunia investasi, Anda harus bisa menentukan tujuan Anda dan memperkirakan berbagai kemungkinan dan risiko yang akan terjadi.

Kurang pengetahuan tentang dunia saham. Pokok dari penyebab Anda atau seseorang jatuh dalam bab ini. Tanpa pengetahuan, Anda akan mudah tergiur, tanpa analisa, kurang memperkirakan risiko, dan lain sebagainya

Inilah beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian dan konsep margin call saham yang memicu Anda kepada kerugian. Bagi Anda seorang pemula atau yang baru akan bergabung dalam dunia saham, hindarilah masalah ini dengan mempelajarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.