Game  

5 Cara Agar PUBG Mobile Tidak Patah Patah Saat Dimainkan

5 Cara Agar PUBG Mobile Tidak Patah Patah Saat Dimainkan

PUBG Mobile merupakan salah satu game smartphone dengan jumlah pemain terbanyak saat ini. Meskipun begitu, banyak para pemainnya yang kerap mengeluh karena sering mengalami lag. Hal ini tentunya bisa mengurangi keseruan ketika sedang bermain. Dan berikut ini adalah 5 cara agar PUBG Mobile tidak patah patah saat dimainkan:

1. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Agar dapat memainkan game tanpa lag, pengguna membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Game besar seperti PUBG Mobile menghasilkan file di latar belakang saat game sedang berjalan. Jika pengguna memiliki ruang penyimpanan yang rendah, proses penulisan data menjadi lambat. Jadi selalu pastikan ponsel memiliki setidaknya 5GB ruang penyimpanan gratis.

Untuk menambah kapasitas penyimpanan, pengguna bisa menghapus file-file yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Selain itu, jumlah aplikasi yang berlebihan pada ponsel juga dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Jadi, selalu pastikan untuk meng-uninstall aplikasi yang mungkin jarang digunakan.

2. Aktifkan 4xMSAA Dan Ubah Skala Animasi Menjadi 0,5

Ada beberapa pengaturan developer yang sangat berpengaruh terhadap FPS saat bermain PUBG Mobile. Dengan menggunakan pengaturan ini, pengguna dapat memperbaiki lag di PUBG Mobile. Pengaturan ini termasuk mengaktifkan 4xMSAA. MSAA adalah singkatan dari Multisample anti-aliasing. Ini dapat membantu menghaluskan tekstur dan memperbaiki kelambatan pada beberapa perangkat.

Untuk mengaktifkan opsi settingan developer bisa mengikuti cara dibawah ini.

  • Masuk ke pengaturan seluler
  • Klik pada opsi tentang telepon
  • Klik “Build Version” 3 hingga 5 kali
  • Sekarang opsi pengembang seluler sudah diaktifkan
  • Masuk ke opsi pengembang di pengaturan seluler
  • Nyalakan opsi 4xMSAA dan ubah skala animasi ke 0,5

3. Gunakan Game Booster

Semua ponsel keluaran terbaru biasanya memiliki Game Booster yang disertakan secara default. Aplikasi ini berguna untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik. Pastikan untuk menyetel mode permainan ke performa terbaik sehingga bisa mendapatkan pengalaman bermain game terbaik yang dapat diberikan ponsel.

Sayangnya, tidak semua ponsel memiliki Game Booster bawaan. Ponsel dengan tahun rilis lama atau OS yang sudah tua biasanya harus mengunduh Game Booster secara manual. Saat ini, di Google Play Store sudah banyak aplikasi Game Booster bertebaran. Pengguna bisa memilih mana yang paling  sesuai dengan kebutuhan.

4. Pilih Kualitas Grafis yang Sesuai

Cara agar PUBG Mobile tidak patah patah saat dimainkan yang selanjutnya adalah dengan memilih kualitas grafis yang sesuai. PUBG memang dikenal sebagai game yang memiliki kualitas grafis yang sangat baik. Namun, semakin tinggi kualitas grafis yang dipilih, maka akan semakin menambah beban dan memaksa ponsel bekerja lebih keras.

Saat ponsel bekerja lebih keras, konsumsi daya akan semaking tinggi dan menyebabkan frame rate pada game menjadi drop. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna harus memilih grafis yang tidak terlalu menyiksa ponsel namun masih tetap ‘playable‘. Sebagai contoh, pengguna bisa menggunakan setingan grafis smooth high untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

5. Aktifkan Performa Baterai Terbaik

Beberapa ponsel biasanya disetting dengan pengaturan baterai yang dioptimalkan. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya tahan baterai lebih lama. Ini memang memberikan dampak positif namun bisa menjadi biang masalah ketika sedang bermain game. Performa baterai yang dibatasi menyebabkan PUBG menjadi lag dan patah-patah. Mengaktifkan performa baterai terbaik adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Demikian tadi 5 cara agar PUBG Mobile tidak patah patah saat dimainkan. Lag dan patah-patah yang terjadi ketika bermain PUBG Mobile terkadang bisa membuat para gamers menjadi kesal. Dengan cara-cara diatas, masalah patah-patah kini bisa diatasi dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *