Game  

5 Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android dengan Mudah

Aplikasi yang mengalami error tentu sangat mengganggu, apalagi jika itu sebuah permainan yang akan digunakan untuk menghilangkan penat. Lalu bagaimana cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android? Di bawah ini akan dituturkan ulasan singkat yang dapat dicoba.

1. Menghapus Cache Game

Langkah pertama yang dapat dicoba adalah dengan cara menghapus cache aplikasi, termasuk game. Sebenarnya ini merupakan sebuah file penting karena berisi dokumen-dokumen sementara. Namun jika dibiarkan menumpuk, tidak baik untuk perangkat dan mengakibatkan error.

Cara menghapusnya cukup mudah. Pertama-tama harus membuka pengaturan terlebih dahulu. Kemudian pilih menu aplikasi atau apps, dan cari game yang ingin dihapus berkasnya. Langkah terakhir yaitu tap clear cache atau hapus cache.

Sebenarnya menghapus cache ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat. Tidak hanya untuk game saja, tetapi berlaku untuk semua aplikasi. Langkah mudahnya yaitu bisa menggunakan aplikasi cleaner yang sudah tersedia di perangkat atau pembersih lain yang dapat diunduh di Google Play Store.

2. Restart Smartphone Android

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi game yang sedang mogok yaitu me-restart handphone. Terkadang juga disebut dengan reboot. Langkah ini dimaksudkan agar sistem yang ada bisa ter-refresh dan tetap pada kondisi yang stabil.

Jika ingin merestart smartphone, cukup dengan cara menekan tombol power beberapa saat hingga muncul beberapa menu. Pilih saja restart atau reboot dan gawai akan mengulang secara otomatis. Tunggu hingga menyala kembali. Setelah itu, coba cek aplikasi game apakah sudah bisa dibuka atau belum.

3. Install Ulang Game

Sudah melakukan dua langkah di atas namun masih belum berhasil?. Cobalah cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android dengan poin ketiga ini, yakni mencopot aplikasi lalu menginstalnya ulang. Sebenarnya cara ini dapat dilakukan jika memiliki backup data atau cadangan.

Lalu bagaimana jika tidak mempunyai cadangan? Jangan khawatir. Cukup download game yang dihapus tadi di Google Play Store lalu menginstalnya kembali. Cara ini mungkin bisa menjadi solusi agar bisa tetap bermain dan mengisi waktu luang dengan permainan-permainan yang disukai.

4. Paksa Berhenti dan Hapus Data Game

Jika cara pertama adalah membersihkan cache aplikasi, maka di langkah ini diharuskan untuk memaksa berhenti dan menghapus data game. Semua data terkait akan hilang, termasuk memori, basis data, history, bookmark, dan lainnya.

Perlu diingat, ini adalah menghapus data bukan uninstal sebuah aplikasi. Nantinya, game tersebut akan kembali pada kondisi default. Cara ini juga perlu dilakukan agar permainan yang mogok tadi bisa dibuka dan pengguna dapat menikmati keseruan bermain lagi.

Kemudian cara untuk memaksa berhenti yaitu melalui menu setting atau pengaturan. Setelah itu masuk ke setelan tambahan dan pilih manajemen aplikasi. Cari nama game yang tidak bisa dibuka tersebut lalu tap paksa berhenti. Menghapus data pun juga dilakukan dengan langkah yang sama.

5. Melakukan Update Game

Salah satu sebab game mengalami bugs atau kekurangan mungkin dikarenakan sudah ketinggalan dan perlu melakukan update, sehingga kinerjanya menjadi kurang maksimal. Caranya cukup dengan membuka Google Play Store dan tap menu update yang tertera di samping aplikasi tersebut.

Demikian 5 cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android dan perlu dilakukan oleh para pengguna yang merasa terganggu akibat masalah tersebut. Semoga ulasan di atas membantu dan dapat merasakan keseruan berpetualang di dunia permainan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *