Jenis-Jenis Saham yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Seorang Investor (pinterest)
Jenis-Jenis Saham yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Seorang Investor (pinterest)

Jenis-Jenis Saham yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Seorang Investor

Jenis-jenis saham ini merupakan hal yang wajib diketahui oleh orang yang berinvestasi. Pasalnya dengan begitu, Anda semakin paham. Bahkan mengetahui dari berbagai macam saham itu manakah yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Berbagai macam saham ini bisa dikategorikan menurut beberapa bidang. Misalnya berdasarkan hak tagihnya, cara peralihannya dan kinerja perdagangannya.

Tentunya setiap macam saham tersebut memiliki ketentuan maupun keuntungan yang berbeda beda. Berikut beberapa macam saham yang wajib Anda ketahui.

Jenis-Jenis Saham yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai macam saham ini sudah dikelompokkan sesuai dengan karakter saham masing-masing. Simak ulasannya!

Jenis Saham Menurut Hak Tagihnya

Menurut hak tagihnya saham bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu saham biasa dan saham preferen.

Saham Biasa (Common Stock)

Ciri utama saham yang satu ini yaitu pemilik saham akan mendapatkan bagian akhir. Ketika pembagian dividen saham. Biasanya banyak masyarakat yang memilih dan menggunakan saham biasa untuk melakukan investasi.

Namun dalam berinvestasi saham tentunya ada kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Kelebihan jenis saham ini terletak pada potensi keuntungan yang bisa saja didapatkan.

👉REKOMENDED:  Service AC Surabaya Simak Manfaatnya Berikut Ini

Selain itu, saham biasa mudah untuk diperjualbelikan. Lalu perusahaan lebih terbuka mengenai dana yang diinvestasikan dalam perusahaan tersebut.

Sedangkan kekurangannya cuma satu ketika perusahaan mengalami kerugian yang banyak bahkan hingga bangkrut. Maka kerugian tersebut akan setara dengan nominal besaran investasi para pemegang saham.

Saham Preferen (Prefered Stock)

Jenis saham yang satu ini memberikan layanan utama bagi pemilik saham. Sehingga para pemilik saham akan mendapatkan beberapa keuntungan. Seperti memperoleh pelayanan terlebih dahulu untuk pembayaran dividen.

Selain itu, juga bisa menukarkan saham preferen dengan saham biasa. Apabila perusahaan mengalami kerugian sehingga harus likuidasi, maka pemilik saham akan memperoleh return atau pembayaran kembali.

Biasanya saham ini juga bisa dikatakan percampuran antara obligasi dengan saham biasa. Untuk cara perdagangannya mengacu pada hasil yang ditawarkan oleh pihak investor.

Jenis Saham Menurut Cara Peralihannya

Berdasarkan cara peralihannya saham juga dibagi menjadi dua bagian. Untuk yang pertama saham atas unjuk dan yang kedua saham atas nama.

👉REKOMENDED:  Cara Mengatasi ATM Tertelan yang Berlaku di Semua Bank

Saham Atas Unjuk (Bearer Share)

Secara bukti fisik nama pemilik dari saham ini tidak tertulis, namun sebenarnya ada tujuan khusus dibalik hal tersebut. Tujuannya yaitu agar nantinya saham ini lebih mudah untuk dipindahtangankan.

Saham ini sangat cocok untuk diperjualbelikan. Oleh sebab itu, banyak investor yang menyukainya. Selain itu, saham ini juga legal dan aman di mata hukum.

Saham Atas Nama (Registered Stocks)

Tentu saja saham ini kebalikan dari saham atas unjuk. Saham atas nama justru menampilkan atau menulis pemilik saham dengan jelas. Sehingga untuk prosedur pemindahtanganannya melalui prosedur khusus. Lalu tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Jenis Saham Menurut Kinerja Perdagangannya

Untuk saham yang dibagi menurut kinerja perdagangannya ada lima jenis. Seperti blue chip stocks, income stocks, growth stocks, speculative stock, dan counter cyclical stocks.

Blue Chip Stocks

Jenis saham yang satu ini sangat populer dan banyak diincar oleh para investor. Pasalnya saham ini berasal dari perusahaan yang memiliki kinerja yang baik dan stabil.

👉REKOMENDED:  Ini Panduan Cara Menggunakan Mobile Banking Mandiri

Income Stocks

Apabila Anda menginginkan saham yang bisa memberikan dividen yang besar, maka Anda bisa memilih saham yang satu ini. Pasalnya pendapatan atau keuntungan yang diperoleh perusahaan juga tinggi

Growth Stocks

Hampir sama dengan blue chip stocks. Karena perusahaan ini memiliki riwayat kinerja yang baik dan saham yang bagus.

Speculative Stocks

Saham jenis ini mampu menghasilkan profit atau keuntungan yang relatif tinggi di masa depan. Sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

Counter Cyclical Stocks

Jika Anda memerlukan saham yang relatif stabil dan tidak terpengaruh dengan kondisi finansial ekonomi, maka Anda bisa memilih jenis-jenis saham yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.