Manfaat Pasar Modal Bagi Negara, Investor, dan Masyarakat

Manfaat Pasar Modal Bagi Negara, Investor, Dan Masyarakat (e-the-l.blogspot.com)
Manfaat Pasar Modal Bagi Negara, Investor, Dan Masyarakat (e-the-l.blogspot.com)

Manfaat pasar modal yang sering dikaitkan dengan tingkat investasi yang tinggi dan jangka panjang. Pasar modal sebagai alternatif menghimpun dana dan investasi tepat bagi setiap orang. Manfaatnya yang dapat dirasakan oleh emiten, investor, pemerintah, dan juga masyarakat.

Pasar modal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya. Selain itu lembaga dan profesi yang ada kaitannya dengan efek. Setiap pihak yang mengikuti transaksi tersebut akan memperoleh manfaatnya.

Inilah Manfaat Pasar Modal Bagi Negara

Tentunya ada beberapa manfaat dari kegiatan tersebut yang dapat dirasakan oleh negara. Dalam hal ini pemerintahan  membantu perekonomian Negara. Untuk itu ketahui manfaat yang akan Negara peroleh berikut ini.

Membantu Menjalankan Roda Perekonomian

Manfaat bagi pemerintahan yang akan diperoleh salah satunya membantu menjalankan roda pemerintahan. Dengan bertambahnya investor yang membeli saham sebuah perusahaan. Tentunya yang sudah terdaftar pada pasar modal, perusahaan tersebut mempunyai pendapatan  dalam mengekspansi bisnisnya menjadi lebih luas.

Semakin berkembang besar perusahaan-perusahaan tentunya berbanding lurus dengan kemajuan ekonomi negara. Jika perusahaan makin besar bisnis yang dimiliki juga banyak jumlahnya. Nantinya kebutuhan akan tenaga kerja juga semakin meningkat. Hal itu berarti akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Salah Satu dari Sumber Pendapatan Negara

Manfaat dari sebuah pasar modal untuk negara menjadikan salah satu dari sumber pendapatan suatu negara. Pendapatan suatu negara yang diperoleh dari sebuah pasar modal berupa pajak. Setiap pajak yang dikenakan dalam transaksi di pasar modal akan masuk kas negara. Selain itu juga akan dicatat sebagai pemasukan Negara.

Menarik Investor Asing Ke Dalam Negeri

Manfaat lainnya bagi negara yang dapat menarik investor asing, untuk berinvestasi di dalam negeri. Apabila pasar modal dikelola dengan baik, maka investor asing akan tertarik. Untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Dengan adanya investor asing, perusahaan akan mengembangkan bisnisnya menjadi lebih luas. Apabila perusahaan-perusahaan yang semakin tumbuh besar. Maka berjalan beriringan bersama kemajuan ekonomi dari suatu negara.

Manfaat Pasar Modal Bagi Investor Dan Masyarakat

Investor dalam hal ini merupakan pemodal yang ingin menginvestasikan dananya. Menggunakan dananya untuk membeli instrumen-instrumen pasar modal. Tentunya yang termasuk pemodal, seperti masyarakat biasa pun dapat untuk menjadi investor di pasar modal.

Investasi dalam pasar modal juga dapat dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu ketahui manfaatnya bagi investor dan masyarakat berikut ini.

Memperoleh Keuntungan

Manfaat pasar modal bagi investor seperti halnya memperoleh keuntungan. Memang seharusnya, tujuan melakukan investasi untuk memperoleh keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah dividen dari investasi di pasar modal dalam bentuk saham.

Apabila saham yang telah Anda investasikan nilainya terus meningkat di pasar modal. Maka akan menjadi keuntungan yang Anda peroleh cukup  besar.

Menambah Alternatif Investasi

Manfaatnya yang dapat dirasakan bagi masyarakat untuk menambah alternatif berinvestasi. Apabila melakukan investasi di bidang properti. Seperti halnya tanah ataupun rumah pada umumnya akan memerlukan modal yang besar.

Kini masyarakat juga dapat melakukan investasi di pasar modal. Meskipun tanpa memerlukan modal yang besar. Seperti dengan melakukan investasi reksa dana. Calon investor dapat berinvestasi, namun hanya dengan modal awal di bawah Rp 500 ribu. Begitu juga dengan melakukan investasi di sektor saham.

Kini Anda dapat mengetahui beberapa manfaat pasar modal. Manfaat tersebut dapat dirasakan bagi Negara, investor, dan masyarakat biasa. Tujuan melakukan investasi tentunya untuk memperoleh keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *