aplikasi penghapus aplikasi bawaan

Aplikasi Penghapus Aplikasi Bawaan HP dengan Root dan Tanpa Root

Aplikasi bawaan pasti selalu ada di setiap HP yang baru saja dibeli. Banyak orang yang berusaha menghapus aplikasi bawaan ini karena merasa tidak memerlukannya. Penghapusan aplikasi bawaan bukanlah hal mudah. Jadi, diperlukan aplikasi penghapus aplikasi bawaan agar proses penghapusan bisa dilakukan dengan lancar.

Pada pembahasan kali ini, ada dua aplikasi yang bisa dipilih. Aplikasi pertama adalah CCleaner yang bisa digunakan tanpa proses root. Sedangkan aplikasi kedua adalah Link2SD yang prosesnya memerlukan root. Berikut penjelasan dua aplikasi yang bisa diaplikasikan untuk membuang aplikasi asli dari HP:

Aplikasi CCleaner untuk Menghilangkan Aplikasi Asli dari HP

Aplikasi tambahan CCleaner adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Piriform. Hanya dengan 15 MB, sudah bisa menggunakan bantuan aplikasi ini yang tidak akan memenuhi penyimpanan HP. Jumlah unduhan yang terjadi di aplikasi ini sudah mencapai 50 juta kali. Hal ini menandakan jika banyak pengguna yang sudah puas dengan aplikasi ini.

👉REKOMENDED:  7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Pengasah Otak

Jika ingin menghilangkan aplikasi asli dari HP selamanya, aplikasi ini harus menjadi pilihan utama. Karena ada banyak kelebihan yang bisa didapat dari penggunaannya. Salah satu yang paling penting adalah tidak memerlukan root saat penghapusan aplikasi bawaan. Proses root sendiri bisa mengakibatkan kerugian, yaitu bisa membuat HP rusak. Berikut cara penggunaannya:

  • Unduh aplikasi CCleaner dan lakukan pemasangan di HP.
  • Buka aplikasi dan pencet tombol berlogo tiga garis di bagian kiri atas.
  • Pilih menu “App Manager” dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Kemudian masuk menu “Sistem” dan klik tombol dengan logo tempat sampah.
  • Jika muncul kotak peringatan, klik saja “Continue”.
  • Setelah diberi daftar aplikasinya, pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  • Untuk menghapus aplikasi klik “Uninstall”.
  • Lalu akan muncul kotak persetujuan, klik “Ok”.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan aplikasi bawaan telah terhapus.

Aplikasi Link2SD untuk Menghapus Aplikasi Bawaan

Sebelum menggunakan aplikasi penghapus aplikasi bawaan satu ini, perlu diketahui risiko yang menyertainya. Risiko yang pertama adalah HP bisa saja mengalami kerusakan karena telah dilakukan proses root. Sedangkan risiko kedua adalah tempat servis resmi dari HP yang digunakan tidak lagi menerima untuk garansi.

👉REKOMENDED:  Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Dua risiko ini harus diperhatikan dengan cermat. Karena jika gegabah, bisa saja dua risiko itu terjadi. Jangan sampai menyesal setelah melakukan root dan HP mengalami kerusakan. Keputusan yang bijak diperlukan pada penggunaan aplikasi kedua ini. Jika memang aplikasi pertama tidak bisa digunakan, baru coba dengan aplikasi ini.

Namun tenang, ada risiko juga ada kelebihan. Risiko kerusakan bisa dihindari asal melakukan proses root dan penghapusan aplikasi dengan benar. Jika salah langkah, mungkin saja risiko-risiko yang ada akan terjadi. Salah satu kelebihan dari penggunaan aplikasi ini adalah kemampuan untuk melakukan pengaturan pada memori. Berikut cara-cara pemanfaatan aplikasi Link2SD:

  • HP yang aplikasi bawaannya akan dihapus harus di root terlebih dahulu oleh tenaga ahli.
  • Unduh aplikasi Link2SD dan lakukan pemasangan.
  • Buka aplikasinya.
  • Akan ada daftar aplikasi yang ada di perangkat. Maka, pilih aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  • Pada sisi kanan bagian atas, klik tombol dengan lambang tiga titik.
  • Klik “Hapus” pada aplikasi bawaan. Namun harus diperhatikan, jangan hapus aplikasi yang memiliki tambahan “Odex” di belakangnya.
  • Pencet persetujuan penghapusan.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai, setelah itu aplikasi bawaan telah terhapus sesuai keinginan.
👉REKOMENDED:  Pengertian SQL Server, Fitur, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Itulah dua aplikasi penghapus aplikasi bawaan beserta cara penggunaannya. Dua aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, harus diperhatikan betul sebelum menggunakannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai salah langkah dan menyesal karena HP mengalami kerusakan setelah aplikasi bawaannya dihapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.