Beginilah Cara Mengatasi HP Patah-patah Saat Main Game Free Fire

Beginilah Cara Mengatasi HP Patah-patah Saat Main Game Free Fire

Sejak ada cabang olahraga di bidang E-sport, memainkan sebuah permainan semakin digemari di semua kalangan. Lalu bagaimana jika sedang asik malah terjadi gangguan?. Melalui penjelasan di bawah ini akan diberikan cara mengatasi HP patah-patah saat main game Free Fire.

Game bergenre battleground tersebut memiliki jumlah pengguna jutaan di dalam dan luar negeri. Garena memang menyediakannya bagi semua smartphone yang tidak memerlukan spesifikasi tinggi. Bahkan dengan RAM 512 MB atau 1 GB sudah bisa memainkannya. Namun tak jarang yang mengalami gangguan dari eksternal maupun internal. Beginilah solusinya:

1. Mematikan Fitur Penghemat Baterai

Mode penghemat baterai memang kerap diaktifkan untuk menekan penggunaan daya yang berlebihan. Ternyata hal tersebut dapat menyebabkan gangguan saat bermain karena kekuatan jaringan berkurang. Sehingga performa handphone dibatasi dan sering terjadi patah-patah.

2. Bermain di Tempat dengan Jaringan yang Stabil

Bagi smartphone yang sudah mendukung sinyal 4G mungkin tidak terjadi masalah. Tapi bagaimana untuk pengguna 3G?. Sebaiknya mencari tempat yang menyediakan Wi-Fi atau lokasi dengan jaringan yang cukup stabil agar kegiatan bermain tidak terganggu.

👉REKOMENDED:  Kantor Google Indonesia Dengan Fasilitas Ternyaman

3. Hapus Aplikasi Tidak Perlu

Banyaknya aplikasi yang diinstal dapat mengakibatkan lag pada HP karena kapasitas kerja smartphone menjadi meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, hapus software-software yang tidak diperlukan dan jarang dipakai agar HP lebih ringan.

4. Mengistirahatkan HP Beberapa Saat

Sama seperti manusia, jika terlalu lama digunakan tanpa istirahat tentu akan mengalami kelelahan. Ponsel menjadi panas berlebih dan mengganggu kinerjanya. Lebih baik istirahatkan dahulu selama 30 menit dan matikan koneksi internet juga.

5. Matikanlah Voice Chat

Cara mengatasi HP patah-patah saat main game Free Fire selanjutnya adalah dengan mematikan fitur Voice Chat yang disediakan. Selain menghemat kuota, hal ini juga menghindari lag karena dapat menstabilkan kinerja smartphone dan menghindari dari overheating.

6. Bermain Pada Waktu yang Tepat

Ketahuilah jam-jam sibuk game Free Fire agar bisa bermain dengan lancar. Hindari login pukul 2 siang hingga 8 malam, apalagi 6 sore. Sebab waktu tersebut adalah waktu rehat setelah beraktivitas. Begitu juga jangan memilih jam 6 pagi karena server sering penuh dan rawan AFK.

👉REKOMENDED:  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Vlogger Terbaik Di Android

7. Kualitas Grafis

Bagi pengguna smartphone dengan RAM 4GB atau lebih mungkin tidak ada masalah jika bermain game ini dengan format HD. Tapi untuk di bawahnya, pilihlah yang rendah agar tidak mengalami lag. Sebab HP dengan spesifikasi pas-pasan susah support untuk grafis tinggi.

8. Hapuslah Cache

Menumpuknya cache tentu membuat permainan tidak bisa berjalan maksimal karena ruang penyimpanan penuh. Gunakan aplikasi cleaner bawaan atau lainnya di Play Store untuk membersihkan. Perlu diingat, ini hanya menghapus file tidak diperlukan bukan data.

9. Hindari Bermain Sambil Mengisi Baterai

Siapa pun yang mencari cara mengatasi HP patah-patah saat main game Free Fire harus memperhatikan hal ini. Hindari menggunakannya saat daya diisi agar tidak terjadi lag akibat overheating. Ketika menunjukkan tanda low, hentikan penggunaan hingga terisi penuh.

👉REKOMENDED:  Jangan Khawatir! Inilah 5 Aplikasi Penambah RAM Terbaik di Android

10. Install Game Booster

Aplikasi yang bekerja untuk meningkatkan performa smartphone ini bernama Game Booster. Banyaknya proses pada latar belakang mengakibatkan ponsel menjadi berat dan berujung lag. Melalui inilah semua itu akan diatasi. Tapi bagi pengguna RAM 3GB ke atas tidak perlu untuk menginstalnya.

Itulah 10 cara mengatasi HP patah-patah saat main game Free Fire yang harus diperhatikan. Masalah-masalah tersebut harus segera diatasi agar kenyamanan dan keseruan saat bermain tidak terganggu. Sungguh tidak menyenangkan jika mengalami lag di tengah-tengah permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.