Pengertian Jaringan Komputer dan Beragam Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Beragam Manfaatnya (engineersdaily.com)
Pengertian Jaringan Komputer dan Beragam Manfaatnya (engineersdaily.com)

Pengertian jaringan komputer tentu dapat memberikan pemahaman bagi Anda sebelum akhirnya mengetahui jenis-jenis dari jaringan komputer. Saat ini penggunaan internet telah mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri, pengguna aktif internet juga mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Pasalnya, hadirnya jaringan komputer memberikan peranan penting dalam segala aktivitas masyarakat. Salah satu fungsi dari internet adalah untuk menghubungkan satu jaringan komputer ke jaringan yang lainnya. Jaringan komputer tidak hanya terdiri dari hardware maupun software, akan tetapi juga perpaduan dari dua jenis perangkat tersebut.

Memahami Pengertian Jaringan Komputer

Computer network merupakan jaringan telekomunikasi yang dapat memungkinkan antar perangkat komputer untuk saling tukar data. Tujuan dari adanya jaringan komputer yaitu agar bisa mencapai tujuan. Pada bagian dari tiap jaringan komputer bisa memberikan dan meminta adanya layanan atau servis.

Pihak yang menerima atau meminta layanan bernama klien, sedangkan yang melakukan pengiriman atau memberikan layanan tersebut disebut dengan server. Desain tersebut dikenal dengan istilah client-server yang sering digunakan pada hampir semua aplikasi jejaring komputer.

Dua buah komputer, masing-masing memiliki kartu jaringan yang kemudian dihubungkan dengan kabel serta nirkabel untuk medium transmisi data. Lalu terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan yang akan membentuk suatu jaringan komputer yang simple.

Jika ingin membuat jaringan komputernya yang kian luas lagi jangkauannya, tentu diperlukan adanya beberapa peralatan tambahan. Mulai dari Gateway, Switch, Bridge, Hub, serta Router untuk peralatan interkoneksi.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian dari jaringan komputer menurut para ahli, antara lain:

Madcoms

Jaringan komputer ialah kumpulan dari sejumlah komputer serta alat penunjang lainnya yang terkait dalam satu kesatuan serta saling terkoneksi.

Izaas el Said

Merupakan seorang pakar jaringan komputer yang memberikan pengertian bahwa jaringan komputer adalah sebuah sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi serta sumber daya.

Techi Wire House

Pengertian dari jaringan komputer yaitu kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.

Ensiklopedia

Menurut Ensiklopedia, jaringan komputer merupakan sistem yang terdiri atas berbagai komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, serta mengakses informasi secara bersama.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer hadir dengan membawa berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah dengan mempermudah pengerjaan suatu hal yang berhubungan dengan aktivitas pekerjaan atau sekolah. Lalu apa sajakah manfaat dari jaringan komputer tersebut, berikut penjelasannya:

Mempermudah Proses Pengiriman Data

Dengan adanya jaringan computer, dapat mempermudah seseorang untuk mengirimkan data melalui internet ataupun perangkat keras lainnya.

Mempermudah Akses Data

Selain mempermudah pengiriman data, jaringan komputer juga bermanfaat untuk mempermudah mengakses data yang telah diizinkan di mana dan kapan saja.

Mempermudah Proses Komunikasi

Dengan adanya jaringan komputer juga mempermudah seseorang untuk saling terhubung serta menjalin komunikasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Jalinan komunikasi ini dapat melalui pesan teks, gambar, video maupun audio.

Menjaga Keamanan Data

Hadirnya jaringan komputer mempunyai proteksi serta memberikan perlindungan terhadap dapat yang dimiliki. Dengan demikian data tersebut dapat terjamin keamanannya.

Pahami penjelasan mengenai pengertian jaringan komputer dan beberapa manfaatnya. Dengan hadirnya jaringan computer, dapat memberikan keuntungan dalam berbagai aktivitas yang Anda jalankan. Selain itu, dengan adanya jaringan komputer juga dapat menghemat biaya pengembangan serta pemeliharaannya. Jaringan komputer bahkan dapat membantu mempertahankan informasi supaya tetap handal serta up to date.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *