Mengenal Windows Server dengan Berbagai Fungsi dan Kelebihannya (walidumar.my.id)
Mengenal Windows Server dengan Berbagai Fungsi dan Kelebihannya (walidumar.my.id)

Mengenal Windows Server dengan Berbagai Fungsi dan Kelebihannya

Windows Server (WS) memiliki peranan penting untuk membangun infrastruktur IT atau pengembangan sistem IT. Sebagai server atau data center untuk menyediakan berbagai jenis layanan dalam sebuah jaringan komputer. Seperti penyimpanan, virtualisasi, perlindungan akses dan informasi, networking dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, teknologi informasi mengalami perkembangan yang cukup kilat dari waktu ke waktunya. Teknologi ini banyak diterapkan pada berbagai bidang, seperti pendidikan, industri, bisnis, kesehatan dan yang lainnya. Dalam hal ini, WS merupakan salah satu produk dari pengembangan tersebut.

Tentang Windows Server  

Windows Server merupakan salah satu merek atau brand sistem operasi server yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem ini mendukung manajemen tingkat enterprise, aplikasi, komunikasi hingga penyimpanan data. Selain itu, WS berperan sebagai server atau data center yang memiliki peran dalam pengelolaan jaringan server.

Sistem ini pertama kali dirilis pada 24 April 2003 dengan edisi Windows Server 2003. Sebenarnya sebelum sistem ini diperkenalkan, terdapat edisi server lain dari Windows yakni Windows NT 3.1 Advanced Server, Windows NT 3.5 Server, Windows NT 4.0 Server serta Windows 2000 Server.

👉REKOMENDED:  Alasan Memakai dan Cara Kerja CCTV WiFi

Dengan kata lain, WS merupakan sistem operasi versi Windows yang khusus digunakan untuk server atau data center. Pada umumnya, sistem ini digunakan sebagai server networking perusahaan dengan berbagai layanan berbasis cloud atau sebagai server website, web pp, dan yang lainnya. Sistem ini adalah produk populer Microsoft yang masih dominan dari segi OS pada suatu server atau client.

Fungsi Windows Server                 

WS merupakan sistem operasi servernya yang digunakan dalam mengelola dan mengatur konfigurasi servernya dari berbagai perangkat yang terhubung dengan komputer server di dalam suatu jaringan komputer.

Sistem yang dikembangkan Microsoft ini mampu dukung kinerja atau performa dari sebuah komputer servernya yang telah terhubung dalam sebuah jaringan sehingga sistem pun dapat berjalan dengan lebih baik. Secara umum WS menyediakan layanan dengan server-oriented atau berfokus pada server.

👉REKOMENDED:  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik Saat Ini

Seperti manajemen sumber daya seluruh pengguna dan aplikasi, meng-host website, manajemen user, messaging atau pesan, keamanan serta otorisasi, juga layanan lainnya yang berhubungan dengan server. Sistem operasi server bisa digunakan untuk web server, server aplikasi, game server, database server dan lain sebagainya.

Adapun fungsi utama dari WS antara lain:

  • Menyediakan interface terpusat yang dapat membantu para para pengguna untuk menjalankan berbagai proses
  • Membantu mengoperasikan sebagian besar proses pelayanan server dari perintah OS yang berdasar arsitektur yang dimiliki oleh server tersebut
  • Membantu konfigurasi server lanjutan baik dari segi hardware, software ataupun konfigurasi layanan jaringan tersebut.
  • WS juga dapat membantu mengelola serta memonitoring komputer client yang terhubung pada sistem jaringan serta sistem operasi untuk menjalankan sistem jaringan tersebut.
  • Fungsi lain dari sistem yang dikembangkan oleh Microsoft ini adalah memberikan hak pada para pengguna dalam mengakses serta memanajemen server baik lewat Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interface (CLI).
👉REKOMENDED:  Cara Membersihkan RAM HP Samsung Terbukti Berhasil

Kelebihan  Windows Server

Terdapat beberapa kelebihan dari WS antara lain:

  • Memiliki interface yang hampir sama dengan Windows XP
  • Mudah untuk melakukan konfigurasi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
  • Proses re-booting sangat cepat
  • Cara instalasi serta pengoperasian Windows server 2003 cukup mudah dibandingkan dengan Windows NT.

Kelebihan yang dapat diperoleh dari Windows Server adalah DHCP yang digunakan pada sistem buatan Microsoft ini dapat memudahkan pengoperasian jaringan komputer pada organisasi skala besar. Sehingga sangat cocok untuk perusahaan besar karena didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen skala besar serta bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.