Petunjuk Cara Membuka Rekening BRI Syariah dan Syarat yang Diperlukan

cara membuka rekening bri syariah

Bank berbasis syariah kini semakin banyak diminati. Selain dirasa aman, kepemilikan rekening tabungan di bank syariah juga dianggap menguntungkan. Seperti pilihan tabungan syariah yang ditawarkan oleh BRI. Cara membuka rekening BRI Syariah juga tergolong mudah dan praktis. Kali ini akan dibahas lebih lanjut apa saja syarat serta prosedur pembukaan akun rekening di bank ini.

Syarat Pembukaan Rekening Sesuai Jenis Tabungan

Apabila ingin memiliki akun tabungan di BRI Syariah, maka harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa BRI Syariah menyediakan beberapa pilihan jenis produk rekening tabungan. Setiap tipe produk tabungan akan memiliki persyaratan yang berbeda. Berikut adalah persyaratan pembuatan rekening BRI Syariah berdasarkan jenisnya:

1. Tabungan Faedah

Tipe pertama yaitu rekening tabungan faedah. Jenis produk tabungan ini digunakan untuk memenuhi keperluan transaksi. Nasabah yang memiliki tabungan ini bisa melakukan berbagai jenis transaksi dengan mudah dan praktis. Syarat yang dibutuhkan mudah yaitu KTP, NPWP (tidak wajib), dan uang setoran awal minimal Rp100.000,00.

2. Tabungan Impian

Berikutnya BRI Syariah menawarkan produk tabungan impian. Tipe ini digunakan untuk menyimpan uang sebagai tabungan, bukan untuk keperluan transaksi. Nantinya tidak dikenakan biaya administrasi sehingga akan meringankan nasabah. Syaratnya adalah KTP, NPWP, serta uang setoran awal yang sangat ringan yakni Rp20.000,00.

3. Tabunganku

BRI Syariah juga menawarkan tipe tabungan yang khusus digunakan untuk investasi. Tabunganku ini menerapkan konsep investasi bagi hasil. Nasabah bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan prinsip syariah. Syaratnya, nasabah harus punya tabungan faedah, KTP, serta menyerahkan saldo awal minimal Rp2.500.000,00.

4. Tabungan Pelajar

Jenis tabungan yang satu ini dikhususkan bagi nasabah yang masih pelajar. Agar bisa memiliki tabungan ini, diperlukan kerja sama antara pihak bank dengan sekolah. Pelajar juga perlu menyediakan beberapa dokumen yaitu KK, NISN, juga KPT wali atau orang tua. Setoran awal untuk produk tabungan ini sangat ringan yakni Rp1.000,00.

5. Deposito

Berikutnya ada tabungan deposito yang bisa jadi pilihan untuk berinvestasi. Ini merupakan jenis tabungan berjangka yang hanya bisa diambil pada waktu yang sudah ditentukan. Syaratnya adalah KTP, NPWP, kepemilikan rekening induk di BRI Syariah, dan setoran awal Rp50.000,00.

Cara Pembukaan Rekening

Jika sudah menentukan pilihan tabungan yang akan dibuka, langsung saja lakukan pendaftaran. Pembukaan rekening sangat mudah dan cepat. Berikut adalah cara membuka rekening BRI Syariah:

  • Kunjungi kantor cabang BRI Syariah terdekat
  • Ambil nomor antrian untuk menuju customer service
  • Lakukan pengisian formulir pembukaan rekening sesuai dengan tipe tabungan yang akan dibuka
  • Jika nomor antrian sudah diambil, segera datang ke customer service dan mintalah dibukakan rekening
  • Serahkan formulir dan dokumen syarat kepada customer service
  • Bayarkan saldo awal pembukaan rekening sesuai tipe tabungan yang ingin dimiliki
  • Tunggu hingga proses pendaftaran selesai
  • Nasabah akan mendapatkan buku rekening
  • Jika dibutuhkan, aktifkan juga fitur-fitur lain seperti ATM dan m-banking.

Proses pembukaan rekening tabungan di BRI Syariah sangat mudah dan cepat. Calon nasabah disarankan untuk datang di waktu yang tepat agar antrian tidak terlalu banyak. Hindari jam-jam sibuk misalnya di hari Senin pagi dan Jumat. Namun pada umumnya kini pelayanan di BRI Syariah sudah semakin cepat sehingga lebih hemat waktu.

Itulah penjelasan singkat mengenai syarat serta cara membuka rekening BRI Syariah. Tentukan pilihan tipe tabungan yang ingin dibuka sesuai kebutuhan. Jika ada hal-hal lain yang ingin diketahui mengenai detail tipe tabungan yang bisa dipilih, tanyakan langsung pada customer service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *