cara membuka blokir wifi indihome huawei

cara membuka blokir wifi indihome huawei

Internet tidak sekadar untuk berkomunikasi hingga urusan belanja kebutuhan rumah tangga. Oleh karena itu, tidak heran banyak rumah telah memasang WiFi, misalnya indihome Huawei. Bagi, pengguna baru mungkin belum paham bagaimana cara membuka blokir WiFi indihome Huawei. Padahal hal ini mudah dipraktekkan langsung, berikut penjelasannya mulai dari cara memblokir hingga buka blokir, yaitu:

Memblokir Perangkat yang tidak Diizinkan Terhubung WiFi

Hal yang perlu diketahui sebelum mengenal cara membuka blokir adalah mengetahui langkah membuka blokir. Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui dengan cermat. Apabila sudah mengerti letak menu untuk pemblokiran, maka kegiatan blokir maupun buka blokir akan mudah dijalankan. Berikut ini cara memblokir, yaitu:

1. Buka Modem dan Login Server

Sebenarnya cara membuka blokir WiFi indihome Huawei ini bisa untuk memblokir perangkat tertentu dengan sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyambungkan WiFi pada laptop atau Hp. Kemudian membuka browser untuk mengakses administrator modem Huawei.

Setelah itu, dilanjutkan dengan login server Indihome Huawei. Tidak lupa memasukkan username nama pengguna yang terdaftar. Lalu memasukkan juga password dengan benar. Kemudian klik bagian login.

2. Masuk User Device Information

Setelah pemilik WiFi masuk bagian utama. Selanjutnya pilih bagian menu status. Lalu klik selanjutnya pada menu user device information. Pada menu ini juga akan terlihat akun perangkat apa saja yang telah ikut menggunakan WiFi tersebut. Bahkan, juga akan terlihat apakah akun sedang aktif alias online dan nonaktif alias offline disaat itu juga.

3. Buka Menu MAC Address

Menu ini juga terletak pada halaman yang sama dengan menu user device information yang telah dijelaskan sebelumnya. Perlu diingat bahwa pada menu MAC Address ini bagian yang digunakan pada proses blokir akun yang mengganggu. Caranya, pertama dengan menyalin alamat atau MAC Addres perangkat misalnya device Xiaomi atau perangkat lainnya.

4. Masuk Menu Security untuk Langkah Pemblokiran

Jika MAC Addres perangkat yang hendak diblokir telah tercopy. Klik bagian menu Security. Letakkan tombol menu ini sejajar dengan menu status yang telah dijelaskan. Otomatis memiliki halaman yang berbeda dengan sebelumnya. Selanjutnya pada bagian kiri ada beberapa pilihan submenu.

Pemilik WiFi bisa memilih submenu MAC filter configuration. Kemudian bisa menghilangkan centang yang terletak pada kotak  bagian enable MAC filter. Pada bagian bawahnya akan ada tulisan delete dan new. Pilih bagian new, kemudian secara otomatis akan muncul pilihan menu baru yaitu source MAC Address.

Masih ingat menu MAC address sebelumnya yang telah dicopy tadi? Maka tempel atau paste  di sebelah source MAC Addres untuk kemudian klik apply. Namun sebelumnya pastikan filter mode adalah Blacklist. Untuk menyempurnakan proses pemblokiran ini maka kembali ke bagian menu enable MAC filter dan centang seperti awalnya tadi.  Setelah proses ini selesai, perangkat lain tidak bisa mengakses WiFi  milik pengguna.

Cara untuk Buka Blokir WiFi Indihome Huawei

Selanjutnya akan dipaparkan cara membuka blokir. Setelah mengetahui langkah pemblokiran, maka cara membukanya akan sangat mudah. Tentunya masih pada menu security, lihat pada atas tulisan Source MAC terdapat kotak dan klik untuk centang kotak tersebut.  Setelah itu, lanjut pilih delete yang tertulis di bagian kanan atasnya.

Selanjutnya akan muncul notifikasi dengan pesan apakah pengguna yakin untuk menghapus MAC filter rules dan tinggal klik Ok. Maka dengan itu perangkat yang sebelumnya terblokir akan otomatis bisa mengakses  kembali.

Demikian itu cara membuka blokir WiFi indihome Huawei maupun jika hendak memblokir perangkat tertentu. Mungkin bagi pengguna lama sudah paham bagaimana langkah-langkahnya. Namun, bagi baru tentunya informasi ini perlu sejenak untuk disimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *