5 Cara Mengatasi Hp Macet Android Tanpa Harus Bongkar Reparasi

5 Cara Mengatasi Hp Macet Android Tanpa Harus Bongkar Reparasi

Sistem operasi semacam Android yang digadang sebagai sistem operasi canggih, nyatanya juga bisa menimbulkan hal-hal yang menyebalkan. Seperti salah satunya HP lag atau macet tiba-tiba. Untuk itulah, para pengguna ponsel pintar ini harus mengetahui cara mengatasi HP macet agar suatu saat jika hal ini terjadi tidak lagi bingung.

Beruntungnya, kali ini sobat gadget akan tahu cara ampuh nan efektif untuk mengatasi kendala ponsel lag atau macet. Cara ini tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke tempat reparasi. Inilah beberapa cara yang patut untuk dicoba:

1. Menghidupkan Dan Mematikan Ponsel Atau Restart

Salah satu cara mengatasi HP macet adalah dengan melakukan restart pada perangkat. Melalui teknik ini, perangkat akan melakukan pembaruan sistem demi pengoptimalan kinerjanya. Selain untuk mengatasi kendala macet, melakukan restart juga berguna untuk memulihkan atau merefresh kembali perangkat smartphone.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Lag atau macet pada smartphone bisa saja terjadi karena banyaknya aplikasi yang diunduh. Terkadang para penggunanya tidak sadar karena merasa semua aplikasi tersebut dipakai. Namun sesuaikan juga dengan kemampuan kerja perangkat. Untuk itu salah satu cara untuk mengatasi HP macet yakni menghapus aplikasi yang tidak berguna. Semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka akan semakin banyak penyimpanan yang digunakan.

Mulai saat ini biasakanlah untuk untuk mengapus aplikasi tidak berguna agar ruang penyimpanan lebih lega. Tidak hanya itu, aplikasi yang cenderung lebih sedikit membuat kinerja perangakt menjadi lebih cepat. Dampaknya, masalah macet tidak akan terjadi.

3. Melakukan Upgrade Sistem Pada Android

Pernah mendengar upgrade perangkat Android? Jika belum, ketahui bahwa melakukan upgrade sistem sangat bermanfaat. Cara ini juga bisa dicoba kala perangkat mengalami lag atau macet. Caranya cukup mudah, yakni dengan pergi ke “ Setelan”, lalu scroll ke bawah dan pilih “Sistem”. Kemudian klik opsi “Lanjutan”, dan tekan “Update Sistem”. Pada beberapa perangkat terbaru biasanya langsung tersedia pemberitahuan tinggal klik saja pada pemberitahuan tersebut dan secara otomatis akan mengupdate sistem.

4. Membersihkan Memori Internal

Hp hang atau macet bisa juga disebabkan oleh penyimpanan internal penuh. Hal ini sering luput dari perhatian karena banyaknya file yang ada di dalam penyimpanan ponsel. Ada baiknya untuk rutin membersihkan file yang tidak perlu untuk menjaga kesehatan perangkat. Jangan lupa bersihkan juga data cache sampah file nya.

5. Melakukan Reset Pabrik

Reset pabrik menjadi jalan keluar terakhir apabila beberapa cara yang telah disebutkan tidak begitu membantu. Dengan melakukan teknik ini, berarti pengguna harus tahu mengenai konsenkuesi, bahwa semua data dalam ponsel akan terhapus dan kembali pada pengaturan pabrik, atau bisa dibilang kembali seperti semula saat sobat gamer membelinya.

Metode ini membuat perangkat lebih lega serta mampu meningkatkan kinerja ponsel. Hal ini juga bisa dilakukan kala suatu perangkat mengalami perlambatan kinerja. Ini artinya, pengguna harus sabar untuk mengunduh kembali semua aplikasi yang sebelumnya dipakai. Cara melakukan reset factory yakni dengan pergi ke pengaturan atau setting. Lalu pilih opsi “Backup And Reset”, kemudian klik “Ok”.

Hal buruk bisa saja menimpa ponsel kesayangan sobat gadget di rumah. Sebab barang elektronik tentu tidak lepas dari kerusakanan. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui cara mengatasi HP macet pada Android. Jauhkan pikiran terburu-buru, seperti mengira bahwa ponsel telah rusak dan membuangnya. Tiada salahnya untuk melakukan beberapa cara di atas guna mengatasi kendala yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *