cara melihat pengguna wifi yang aktif

Cara Melihat Pengguna WiFI yang Aktif dan Memblokir Pengguna Asing

Menggunakan WiFi di masa pandemi sangat berkaitan dengan kelancaran berkegiatan di dunia maya. Akan tetapi, beberapa orang dapat menyambungkan perangkatnya ke WiFi yang aktif tanpa seizin pemilik. Hal ini merugikan pihak yang berlangganan WiFi tersebut. Berikut ini cara melihat pengguna WiFi yang aktif dilihat dari perangkat untuk pusat WiFi, yaitu:

1. Kunjungi Laman Modem Huawei

Apabila perangkat WiFi yang digunakan adalah Huawei, pengguna perlu mengakses laman admin untuk melakukan konfigurasi. Pengguna cukup membuka browser, kemudian memasukkan alamat IP 192.168.1.254. pada kotak situs. Untuk permintaan login, pengguna masuk sebagai administrator. Ketikkan kata admin pada kotak  password dan admin pada User. Selanjutnya, klik “Status” dan buka “User Device Information”.

Pada halaman informasi tersebut, akan muncul kolom pengguna perangkat, perangkat yang digunakan, alamat IP pada peranti yang tersambung, dan kumpulan opsi yang bisa dipilih untuk disetel pada pengguna. Pada kolom tersebut akan muncul pengguna yang sedang memakai WiFi. Jika ada pengguna ataupun perangkat yang tersambung WiFi dan tidak dikenali, pengguna bisa menghapus pengguna tersebut atau memblokirnya.

👉REKOMENDED:  Aplikasi Penghapus Aplikasi Bawaan HP dengan Root dan Tanpa Root

2. Akses Laman Modem ZTE

Layaknya  pengaturan perangkat Huawei, perangkat ZTE juga memiliki pengaturan yang serupa. Bedanya, setelah masuk sebagai Admin User, pengguna membuka menu Network, lalu pilihan WLAN, lalu membuka Associated Devices. Kemudian akan muncul peranti yang tersambung ke WiFi.

Untuk menghalangi akses asing yang masuk, pengguna perlu membuka Daftar Kontrol Akses. Lalu klik Mode, kemudian pilih Block. Pengguna pun dapat  membuka pilihan Perangkat yang ingin diblokir, selanjutnya menyalin kode MAC Address asing tersebut.

3. Kunjungi Laman Modem FiberHome

FiberHome merupakan perangkat asli pada pemasangan WiFi IndiHome. Pelanggan perlu mengakses alamat IP 192.168.1.1 dengan peramban. Selanjutnya, login dengan User Admin dan password %0|F?H@f!berhO3e . Kemudian, klik Status, lalu klik Wireless Status.

👉REKOMENDED:  Alasan Memakai dan Cara Kerja CCTV WiFi

Pada opsi ini, pelanggan dapat mengecek peranti yang tersambung melalui Client List. Selanjutnya untuk menghalangi koneksi WiFi ke peranti tak dikenal, pengguna cukup memasukkan MAC Address asing ke Laman Security pada pilihan Mac Filtering.

4. Gunakan Aplikasi Fing

Pada cara melihat pengguna WiFi yang aktif selanjutnya dengan aplikasi Fing. Melalui program ini pelanggan dapat mengawasi  aktivitas WiFi yang aktif. Pelanggan dapat menyortir peranti yang terhubung dan berapa byte transmisi WiFi yang dipakai. Bagian dalam program ini tersedia pula tutorial untuk melakukan blokir dan pengaturan lainnya.

5. Akses Router TP-Link

Apabila berlangganan WiFi dari FirstMedia, pelanggan WiFi menjadikan TP-Link sebagai Router WiFi. Agar bisa mengakses pengaturan pada Router, pelanggan mengunduh aplikasi TP-Link Tether di Play Store. Ketika membuka aplikasi, di tampilan interface, pengguna bisa memilih WiFI yang sudah terhubung dengan ponsel.

Kemudian, pengguna login dengan user sebagai admin dan password admin. Pada status WiFi, pelanggan dapat memantau peranti yang terhubung dengan WiFi yang digunakan. Nantinya, pelanggan mampu menghalangi koneksi pada peranti asing dalam jaringan.

👉REKOMENDED:  5 Aplikasi Rute Sepeda yang Mudah Digunakan!

Pengaturan WiFi sendiri berguna sebagai pengawasan dalam pemakaian WiFi. Sedikit atau tidaknya jumlah perangkat yang terhubung WiFi, akan mempengaruhi kecepatan transmisi data. Banyaknya pemanfaatan WiFi akan lebih teratur ketika pelanggan WiFi bisa  mengukur yang disiplin dan sesuai kebutuhan.

Itulah cara melihat pengguna WiFi yang aktif yang bisa diikuti sesuai perangkat yang digunakan. Melalui perkara ini, pelanggan mampu memanfaatkan fasilitas dengan sebaik mungkin. Apabila belum ada kemampuan berlangganan WiFi, maka harus meminta izin untuk terhubung. Jika belum bisa, ada baiknya bersabar dan menggunakan paket internet semampunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.