Saham Preferen Kumulatif, Kelebihan dan Ketentuan Pembayaran Dividen (investopedia.com)
Saham Preferen Kumulatif, Kelebihan dan Ketentuan Pembayaran Dividen (investopedia.com)

Saham Preferen Kumulatif, Kelebihan dan Ketentuan Pembayaran Dividen

Saham preferen kumulatif merupakan salah satu dari banyak jenis saham dari segi hak tagih atas klaim jenis saham. Dengan kata lain, saham yang didasarkan dari hak tagih terbagi atas saham biasa serta saham preferen.

Saham preferen merupakan salah satu jenis saham yang paling umum diketahui. Seperti yang kita ketahui, saham merupakan sebuah modal awal yang dibutuhkan sebelum memasuki dunia investasi saham.

Pengertian dan Kelebihan Saham Preferen Kumulatif

Saham preferen atau yang sering disebut dengan hybrid security karena mempunyai karakteristik kombinasi saham biasa serta obligasi. Pada jenis saham biasa tidak menerima dividen secara teratur. Hal ini dengan harga saham tergantung dengan tingkat pertumbuhan dividen. Sedangkan pada pemegang saham preferen menerima secara teratur pada jumlah yang tetapi.

Hal ini hampir sama dengan efek utang seperti obligasi. Dapat dikatakan bahwa saham preferen jenis kumulatif ini merupakan saham preferen dari segi hak tagih atau klaim jenis saham. Sedangkan secara prinsip, saham yang berdasarkan pada hak tagih akan dibagi atas saham biasa dan saham preferen.

👉REKOMENDED:  Keuntungan Saham yang Akan Didapatkan Dalam Berinvestasi

Kelebihan Saham Preferen Kumulatif

Berikut ini beberapa kelebihan dari saham preferen dengan jenis kumulatif adalah:

Pembagian Kekayaan

Dalam hal pembagian kekayaan, jika perusahaan dilikuidasi, maka pemegang saham preferen akan dikedepankan dari saham non-kumulatif. Hal ini tentu sangat menguntungkan para pemegang saham preferen dibandingkan dengan pemegang saham biasa

Pembagian Dividen

Sedangkan untuk pembagian dividen pada jenis saham ini lebih diutamakan untuk diambil terlebih dahulu, Sedangkan sisanya baru akan disediakan untuk saham non-kumulatif. Pada umumnya dengan persentase serta nilai yang lebih tinggi.

Faktor Risiko Kumulatif Saham Preferen

Dikarenakan fitur kumulatif dapat mengurangi risiko dividen bagi investor, maka jenis saham ini pada umumnya ditawarkan dengan tingkat pembayaran yang lebih rendah dibandingkan dengan saham preferen non-kumulatif.

👉REKOMENDED:  Jam Bursa Efek Menentukan Perdagangan Efek dengan Mudah

Dengan biaya yang lebih rendah tersebut, maka sebagian besar penawaran saham preferen akan diterbitkan dengan menggunakan fitur kumulatif. Hal ini berlaku pada perusahaan blue-chip dengan sejarah dividen yang kuat yang mampu menerbitkan saham non-kumulatif tanpa harus meningkatkan dana untuk modal.

Pembayaran Dividen Kumulatif

Biasanya, pembayaran dividen kumulatif dijabarkan dalam perjanjian penerbitan saham preferen. Dengan hadirnya perjanjian tersebut, maka dijelaskan bahwa emiten harus membayar semua dividen yang belum terbayarkan di tahun-tahun sebelumnya.

Saham preferen mempunyai hak presentasi atas dividen dengan jumlah tertentu. Para pemegang saham tersebut disebut dengan pemegang saham tanpa partisipasi.

Sedangkan pada saham preferen yang memiliki kemungkinan menerima dividen dengan jumlah tertentu disebut dengan partisipasi. Pada pembayaran dividen kumulatif terdapat ketentuan tambahan untuk mempertahankan hak dividen dengan cara berkesinambungan.

👉REKOMENDED:  Persamaan Saham dan Obligasi, Wajib Tahu Sebelum Mulai Investasi

Ketentuan tersebut adalah pada saat dewan komisaris tidak mengeluarkan atau mengumpulkan dividen saham biasa. Sedangkan saham preferen non kumulatif disebut juga sebagai saham preferen dengan ketentuan jika dalam suatu tahun dividen tidak dibagikan, maka hak pembagian dividen tersebut akan hilang.

Dengan demikian dividen yang belum dibayarkan pada tahun sebelumnya akan berpengaruh pada akumulasi pada tahun berikutnya. Oleh karena itu, jika dana yang tersedia untuk pembayaran dividen terbatas, maka pembayaran atas dividen kumulatif hendaknya didahulukan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bawah saham preferen kumulatif adalah jenis saham preferen yang mempunyai ketentuan untuk mengharuskan perusahaan untuk membayar semua dividen kepada pemegang saham jenis ini. Hal ini juga termasuk dengan dividen yang telah terlewat sebelumnya. Dividen akan dibayarkan pada interval yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.