5 Penyebab Download Lambat di Play Store Beserta Cara Mengatasinya

39. 5 Penyebab Download Lambat di Play Store Beserta Cara Mengatasinya

Play Store merupakan sebuah platform penyedia aplikasi, game, film, serta buku untuk Android. Meskipun ada beberapa aplikasi lain yang menawarkan fitur serupa, Play Store tetap menjadi favorit pengguna Android. Sayangnya, seringkali pengguna dibuat tidak nyaman ketika proses pengunduhan memakan waktu sangat lama. Kiranya apa saja penyebab download lambat di Play Store dan bagaimana cara mengatasinya?

Artikel ini akan memberi jawaban atas pertanyaan di atas. Ada 5 alasan utama yang akan dibahas dalam artikel ini sebagai penyebab proses pengunduhan menjadi lambat di Play Store. Pilihan-pilihan solusi untuk mengatasi masing-masing penyebab juga akan diberikan. Langsung saja pelajari selengkapnya di bawah ini:

1. Mengunduh Lebih dari Satu Aplikasi Secara Bersamaan

Sistem Android masih terus dikembangkan dari sisi performa dan fitur-fiturnya. Kini sudah banyak perangkat Android dengan spek tinggi yang dapat menjalankan beberapa perintah masukan dalam satu waktu. Namun bagi pengguna Android keluaran lama yang belum memadai fungsi ini, mengunduh lebih dari satu aplikasi secara bersamaan dapat membuat proses berjalan lambat.

Untuk itu, sebagai langkah pertama yang harus coba dilakukan dalam masalah ini adalah menghentikan proses download dari aplikasi lain. Lakukan pengunduhan hanya untuk satu aplikasi dalam satu waktu. Jika sudah selesai dan berhasil terpasang, barulah boleh beranjak ke aplikasi lain.

2. Gangguan Koneksi Internet

Koneksi jaringan internet merupakan penyebab download lambat di Play Store yang paling umum dijumpai. Jika jaringan internet yang tersambung ke perangkat memang lambat, tentu saja penggunaan fitur apapun yang membutuhkan internet akan turut lambat.

Periksa terlebih dahulu kecepatan internet di Google dengan mengetikkan “Uji Kecepatan Internet”. Jika memang itu masalahnya, coba sambungkan perangkat ke jaringan lain yang tersedia. Atau jika itu masalah lokal, cobalah untuk berpindah ke tempat dengan koneksi yang lebih bagus.

3. Memori Internal Penuh

Memori internal yang terlalu penuh akan menyebabkan sistem perangkat berjalan lambat, termasuk penggunaan Play Store. Apalagi yang sedang dilakukan adalah mengunduh aplikasi baru yang tentunya akan menambah jumlah penyimpanan yang digunakan.

Coba periksa terlebih dahulu kapasitas penyimpanan internal yang tersedia pada File Manager. Jika memang penuh, pengguna dapat membersihkannya dengan menghapus file-file cache dan data lain yang tidak lagi dibutuhkan. Jika masih tidak berhasil, pengguna mungkin terpaksa harus mencopot pemasangan beberapa aplikasi yang jarang dipakai.

4. Masalah pada Play Store

Penyebab selanjutnya dari kelambatan proses download ada pada Play Store itu sendiri. Bisa jadi Play Store terkena bug yang menyebabkan fungsi-fungsi di dalamnya menjadi terganggu. Hal ini bisa jadi karena Play Store tidak pernah diperbarui. Coba upgrade aplikasi Play Store terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada lagi masalah. Setelah itu pengguna bisa melanjutkan proses unduh aplikasi.

5. Masalah Sistem Perangkat

Bisa jadi pengunduhan aplikasi yang lambat di Play Store merupakan bagian dari masalah sistem perangkat. Perangkat Android yang terlalu lama digunakan hingga panas, atau yang tidak pernah dibersihkan hingga menyimpan banyak file sampah, dapat membuat sistem menjadi terganggu.

 Hal ini otomatis menyebabkan aplikasi-aplikasi yang terpasang mengalami gangguan juga. Cobalah untuk menutup semua aplikasi terlebih dahulu, menghapus file-file sampah, memindai virus, dan memulai ulang perangkat.

Itu dia 5 penyebab download lambat di Play Store beserta cara mengatasinya. Saat mengalami masalah serupa dan belum tahu pasti penyebabnya, pengguna sebaiknya memeriksa secara berurutan dari nomor 1. Daftar di atas telah diurutkan dari yang paling sederhana hingga rumit dalam penyelesaian masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *