7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Pengasah Otak

7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Pengasah Otak

Mind mapping merupakan aktivitas untuk mengumpulkan ide besar menuju ide realistis yang dikerjakan dalam satu media. Aplikasi Pembuat mind mapping menggabungkan mode diagram, grafik chart, dan garis dalam berbagai konsep peta pikiran. Dengan aplikasi berikut, pengguna cukup mengisi kotak diagram yang disediakan.

Aplikasi pembuat mind mapping cukup berguna untuk mengasah otak baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Gabungan-gabungan ide yang tercatut di mind mapping akan mempermudah pengguna memahami bermacam hal tergantung kebutuhan. Dengan demikian, berkreasi dengan mind mapping akan menaikkan tingkatan pola pikir pengguna.

1. LucidChart

LucidChart adalah aplikasi yang dirancang untuk digunakan pada Windows, Linux, dan MacOS. Dengan demikian, aplikasi ini cocok digunakan untuk kerja tim agar bisa diakses oleh banyak orang. Diagram yang digunakan juga berguna untuk menautkan data dan media lain. Pengguna bisa menyimpan dalam format CSV atau spreadsheet excel.

2. SimpleMind

Aplikasi ini menyediakan banyak tools untuk menata peta pikiran. Aplikasi pembuat mind mapping ini dapat digunakan di perangkat seluler dan bisa menginput catatan suara dan gambar bergerak. Karena aplikasi ini bisa diakses secara bersamaan, pengguna harus memakai internet untuk membuka aplikasi ini. Setelah disimpan, pengguna bisa mengimpor file dalam format PDF.

👉REKOMENDED:  Cepat dan Aman, Inilah Aplikasi Pinjaman Online Langsung Cair

3. Canva

Penggunaan Canva bisa menyentuh berbagai lapisan media grafis. Dengan penyimpanan awan, Canva bisa menyimpan ribuan template dalam satu aplikasi. Mulai dari template undangan, infografik, mind mapping, dan masih banyak lagi. Template yang ada tinggal diedit isinya.

Aplikasi ini cocok untuk lini bisnis, pendidikan, maupun pemerintahan untuk memberi edukasi dan gambaran yang mudah dimengerti. Canva bisa digunakan secara gratis untuk beberapa fitur. Bagi perusahaan yang ingin fitur yang lebih, ada Canva For Work yang digunakan dengan biaya langganan.

4. Draw.io

Aplikasi ini dibuat dengan basis data web. Artinya pengguna bisa mengakses tanpa aplikasi juga. Aplikasi ini tidak menyediakan template mind mapping seperti aplikasi lain. Akan tetapi, pengguna bisa menjadi lebih kreatif dengan berbagai link, shape, teks, gambar, warna, juga ketebalan garis yang disajikan.

👉REKOMENDED:  Aplikasi Menggambar di iPad dengan Tools Kreatif

5. Stormboard

Layaknya menggambar peta di papan, Stormboard menawarkan mind mapping sederhana yang menggunakan catatan tempel lalu mengkoneksikan catatan tersebut dalam sebuah kelompok catatan. Nantinya, garis akan menyambungkan berbagai catatan ini. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini sambil berkolaborasi dengan tim. Tak ketinggalan catatan suara untuk setiap ide bisa ditautkan.

6. Scapple

Aplikasi ini diinisiasi oleh sekelompok penulis dengan nama komunitas “Literature and Latte”. Scapple lebih mudah dikuasai karena alat yang ditawarkan cukup sederhana. Aplikasi ini kurang mendukung fitur sisipan audio dan video karena berfokus pada teks.

Impor file dengan bentuk PDF dan gambar juga didukung aplikasi ini. Pengguna juga bisa menggambar mind mapping secara bersamaan. Aplikasi ini hanya gratis selama satu bulan dihitung mundur dan akan dikenakan biaya langganan setelahnya.

👉REKOMENDED:  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Vlogger Terbaik Di Android

7. MindMup

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa akses tanpa harus login. Pengguna bisa menautkan situs yang dibutuhkan, mengubah warna, bentuk ide, hingga menyematkan file. Ketika menggunakan tanpa login, mind mapping yang ada akan otomatis terhapus dalam enam bulan.

Aplikasi di atas merupakan sebagian kecil dari aplikasi pembuat mind mapping. Pengguna bisa mengeksplor lebih lanjut berbagai aplikasi yang lain sesuai dengan kemudahan dan kreativitas. Selain menjadikan kreatif, dengan mind mapping pengguna akan lebih mudah menyampaikan ide kepada tim dan calon konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.