Inilah Cara Membuka Flashdisk yang Terkunci Paling Efektif

Flashdisk yang terkunci biasanya ditandai oleh dokumen yang tidak bisa menerima perintah seperti hapus, edit dan akses lain. Kondisi ini dinamakan flashdisk write protected. Error pada flashdisk menjadikan akses pada file di flashdisk terhalangi dan mengganggu proses simpan menyimpan file. Oleh karena itu, pengguna perlu menggunakan cara membuka flashdisk yang terkunci agar dapat kembali dioperasikan.

Flashdisk terkunci atau write protected bisa terjadi secara tiba-tiba saat flashdisk sedang digunakan. Tetap tenang ketika menghadapi masalah ini karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya kembali normal. Cara menormalkan flashdisk yang error di bawah ini mungkin bisa dicoba.

Atasi Flashdisk Terkunci dengan Bantuan Perintah CMD

Windows memiliki sebuah lahan yang digunakan untuk mengkonfigurasi pengaturan di dalamnya yang disebut CMD. Ini merupakan salah satu cara membuka flashdisk yang terkunci paling ampuh yang bisa dilakukan. Ikuti langkah berikut untuk mengatasi write protected pada flashdisk.

  • Koneksikan flashdisk yang akan diperbaiki pada laptop/komputer.
  • Cari program CMD dengan mengetikkan “CMD” pada kolom pencarian.
  • Sebelum CMD dibuka, klik kanan pada simbolnya dan tekan pada pilihan “Run as Administrator”.
  • Ketika program CMD telah muncul, tulis “diskpart” ditempat yang disediakan. Pengguna mulai bisa mengetik setelah CMD mengeluarkan informasi sistem pada perangkat yang digunakan.
  • Ketika sudah muncul tulisan lain, ketikkan “list disk” dan enter. Dengan perintah ini akan muncul seluruh disk yang terhubung. Carilah flashdisk berdasarkan kapasitasnya.
  • Setelah ditemukan, ketik “select” dan tuliskan disk tersebut lalu enter.
  • Setelah ini pengguna bisa menuliskan “attribute disk clear read only” yang dimaksudkan untuk menghilangkan write protected pada disk tersebut dan tekan enter kembali.
  • Ketikkan “clean” kemudian enter.
  • Tahap terakhir, tuliskan “create partition primary” lalu enter dan tulis “format fs=fat32” dan akhiri dengan menekan tombol enter.
👉REKOMENDED:  5 Cara Menggunakan Smartwatch M3 yang Paling Mudah

Gunakan Aplikasi Low Level Format

Selain dengan menginput perintah pada CMD, memperbaiki flashdisk yang terkunci bisa melalui aplikasi Low Level Format. Lebih sederhana dibandingkan dengan CMD, Low Level Format akan membantu pengguna memberantas error write protected pada flashdisk. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh software Low Level Format melalui web browser. Sebagai catatan, Low Level Format lebih cocok dioperasikan pada perangkat yang menggunakan windows Operating System.
  • Pasang aplikasi yang telah terunduh pada perangkat dan jalankan.
  • Pada message box Low Level Format, carilah disk yang merupakan flashdisk pengguna dengan keterangan terkunci. Perhatikan disk yang dipilih karena jika salah memilih, disk lainlah yang akan terformat.
  • Setelah memastikan disk yang dipilih, tekan “Format This Device” dan tunggu sistem menjalankan perintah hingga selesai.
👉REKOMENDED:  Ketahui, Cara Ganti Nomor Whatsapp Tanpa Menghilangkan Kontak Dan Chat

Dengan cara ini, file di dalam flashdisk memang akan hilang. Hal ini disebabkan karena flashdisk diberikan perintah format melalui aplikasi Low Level Format. Meskipun begitu, flashdisk bisa kembali digunakan dan menerima perintah-perintah lainnya.

Format Flashdisk Secara Manual

Ada kalanya flashdisk yang terkunci atau terkena error write protected bisa diformat secara manual tanpa bantuan aplikasi. Setelah mendapati flashdisk pengguna terkunci, cobalah untuk memformatnya terlebih dahulu hingga berulang kali. Beberapa kondisi memungkinkan flashdisk dapat terformat secara langsung.

Sama halnya dengan format flashdisk menggunakan aplikasi, format manual juga akan menghilangkan seluruh file yang ada di dalam flashdisk. Ini karena menghilangkan error write protected akan berbarengan dengan hilangnya data ketika diformat.

👉REKOMENDED:  5 Cara Membersihkan Memori HP Oppo Dengan Mudah Dan Cepat Di Rumah

Itulah cara mudah yang bisa dilakukan kalau sewaktu-waktu flashdisk terkunci. Jika pengguna merasa tidak memiliki file penting di dalam flashdisk, pengguna bisa langsung memformatnya dengan dua cara di atas. Apabila banyak file penting yang tersimpan,  cara membuka flashdisk yang terkunci melalui perintah CMD adalah jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.