jurusan perawat anestesi di jogja

Ketahui Universitas dengan Jurusan Perawat Anestesi di Jogja dan Cara Menjadi Perawat Anestesi

Setelah berhasil menempuh pendidikan 9 tahun di sekolah, banyak siswa yang ingin kuliah. Maka, jurusan kuliah adalah topik yang paling sering dibicarakan siswa yang baru lulus. Bagi siswa yang ingin kuliah jurusan perawat Anestesi di Jogja tentunya membutuhkan rekomendasi kampus mana saja yang bermutu. Oleh karena itu penting untuk mengetahui daftar Universitas di Jogja yang memiliki jurusan tersebut supaya tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Universitas di Jogja yang Memiliki Jurusan Perawat Anestesi

Perawat anestesi adalah jurusan yang mengajarkan ilmu medis tentang anestesi. Ketika akan ada sebuah operasi bedah, perawat ini bertugas menenangkan pasien dan mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam operasi tersebut.

Selain itu, perawat anestesi juga berperan dalam menganalisis riwayat penyakit serta kondisi kesehatan pasien sebelum operasi, menarik bukan? Bagi yang ingin kuliah di jurusan ini ada baiknya mengetahui beberapa Universitas di Jogja yang menyediakan jurusan perawat anestesi seperti berikut ini:

1. Harapan Bangsa

Harapan Bangsa adalah salah satu Universitas yang memiliki jurusan perawat anestesi di Jogja. Bagi yang ingin kuliah di jurusan tersebut bisa menempuh studi D4 dengan gelar Sarjana Terapan. Harapan Bangsa membekali mahasiswa agar bisa menjadi perawat anestesi. Lulusan yang bekerja dan mendalami profesi ini diharapkan mampu membantu kerja dokter spesialis dan membantu memulihkan penyakit pasien pasca operasi.

👉REKOMENDED:  Ketahui 5 Daftar Universitas Perhotelan di Jakarta dengan Prospek Bagus

2. UNISA

Universitas Aisyiyah Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama UNISA juga memiliki jurusan perawat anestesi dengan program studi D4. Universitas ini merupakan salah satu kampus favorit yang banyak peminatnya.

Hal ini dikarenakan kelengkapan fasilitas serta materi perkuliahan yang mengajarkan mahasiswa mulai dari teknik pemberian anestesi hingga masa pemulihan pasien. Meskipun UNISA adalah perguruan tinggi swasta, tetapi lulusannya sudah terkenal kompeten saat bekerja.

Pada dasarnya, mekanisme perkuliahan D4 sama saja dengan D3 yang berfokus pada praktikum daripada mempelajari teori. Hanya saja, mahasiswa D4 masa studinya lebih lama yaitu 4 tahun. Gelar lulusan dari D4 juga berbeda dengan D3 dan gelar diploma pada umumnya atau Ahli Madya. Mahasiswa lulusan D4 perawat anestesi akan menerima gelar Sarjana Terapan.

👉REKOMENDED:  Simak 5 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Bisnis Bagi yang Masih Ragu

3. Poltekkes Jogja

Politeknik kesehatan ini juga menawarkan jurusan perawat anestesi dengan kualitasnya yang sudah sangat unggul. Banyak calon mahasiswa ingin kuliah di kampus ini karena statusnya yang telah menjadi perguruan tinggi negeri. Tak hanya itu, PTN asal Jogja ini juga memiliki hubungan kerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang ada di Malaysia dan Singapura. Maka, tak heran jika Poltekkes Jogja sering mengadakan pertukaran pelajar hingga study tour ke dua negara tersebut.

Bagaimana Cara Menjadi Perawat Anestesi?

Setelah menempuh kuliah selama bertahun-tahun, mahasiswa yang telah lulus dari jurusan perawat anestesi tentunya ingin segera bekerja sebagai perawat anestesi. Namun, untuk bisa menjalani profesi ini tidaklah mudah meskipun telah lulus kuliah. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan bagi yang ingin bekerja sebagai perawat anestesi:

1. Menyelesaikan Program Pasca Sarjana

Meskipun sudah lulus kuliah D4 di jurusan yang sesuai, mahasiswa tidak bisa langsung jadi perawat anestesi. Lulusan di jurusan ini awalnya akan bekerja sebagai asisten perawat anestesi terlebih dahulu hingga yang bersangkutan melanjutkan kuliah dan lulus dari program pasca sarjana perawat anestesi.

👉REKOMENDED:  Jenis Beasiswa Universitas Swasta Jalur Rapor Untuk Lulusan SMA/SMK

2. Mengikuti Ujian Sertifikasi

Cara berikutnya yaitu mengikuti ujian sertifikasi. Hal ini penting untuk membuktikan bahwa kompetensi dan keahlian yang dimiliki sudah sesuai dengan standar untuk menjadi perawat anestesi. Ujian sertifikasi tentunya akan menguji apakah seseorang sudah layak menjadi perawat anestesi atau belum.

Demikianlah informasi mengenai Universitas yang memiliki jurusan perawat anestesi di Jogja serta cara untuk menjadi perawat Anestesi setelah lulus kuliah. Menjadi seorang perawat anestesi adalah salah satu profesi mulia karena dapat menolong orang banyak yang sedang menderita penyakit tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.