Cara Melihat Harga Saham di IDX yang Sangat Mudah

Cara Melihat Harga Saham di IDX yang Sangat Mudah (pasardana.id)
Cara Melihat Harga Saham di IDX yang Sangat Mudah (pasardana.id)

Sebuah data laporan keuangan umumnya tidak hanya melaporkan data mengenai untung dan rugi. Namun juga peluang, utang, hingga kemajuan perusahaan. Anda penasaran dengan harga saham sebuah perusahaan? Anda bisa mencari cara melihat harga saham di IDX.

Anda bisa mengetahui harga saham sebuah perusahaan atau instansi lewat IDX. IDX atau pasar saham Indonesia bisa memberikan informasi mengenai harga saham di sebuah perusahaan. Biasanya IDX digunakan sebagai wadah untuk menawarkan saham sebuah perusahaan kepada para pembeli.

Dengan mengetahui berbagai jenis saham yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan, Anda jadi bisa memilih saham mana yang cocok dengan budget yang Anda miliki. Dengan begitu, proses investasi saham juga bisa berjalan dengan lebih lancar.

Berikut Ini Cara Melihat Harga Saham di IDX

Melalui situs resmi milik pasar saham Indonesia atau Indonesia stock exchange (IDX), yaitu www.idx.co.id. Di sana Anda bisa melihat harga saham lewat laporan keuangan. Dari situs tersebut, Anda tidak hanya bisa melihat harga yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

Anda juga bisa melihat laporan keuangan yang wajib diunggah oleh emiten. Nah, dari berbagai laporan keuangan ini, Anda bisa memilih harga saham sebuah perusahaan.

Simak Cara Melihat Harga Saham di IDX

Kali ini kami akan memberitahu cara melihat harga saham di IDX dari laporan keuangan. Berikut ini cara mudah mencari harga saham lewat laporan keuangan.

  1. Masuk melalui situs resmi Indonesia stock exchange (IDX).
  2. Di sana Anda bisa memilih menu data pasar
  3. Kemudian pilih menu daftar saham, lalu cari kode saham dan perusahaan yang Anda cari
  4. Jika Anda sudah menemukan kode dari perusahaan yang Anda cari, Maka Anda bisa kembali ke menu data pasar
  5. Anda klik ringkasan performa perusahaan tercatat
  6. Masukkan kode yang tadi Anda cari pada menu search by
  7. Dari hasil pencarian tersebut, perusahaan yang Anda cari akan muncul. Klik unduh agar bisa mendapatkan data yang lebih lengkap
  8. Jika sudah terunduh semua, maka Anda akan mendapatkan laporan keuangan singkat dalam bentuk PDF. Untuk harga sahamnya, biasanya ada pada halaman kedua. Dari laporan keuangan tersebut, Anda juga bisa melihat harga saham setiap bulannya dan tahun yang sudah berlalu.

Data dari saham inilah yang paling penting ketika Anda ingin berinvestasi pada perusahaan tersebut. Jika harga saham setiap bulannya stabil, maka hal tersebut menandakan perusahaan tersebut cukup aman untuk dijadikan investasi saham Anda.

Anda bisa menghindari perusahaan yang memiliki kursa tajam dalam grafik harga saham. Sebab dengan adanya hal tersebut, maka menandakan perusahaan tersebut tidak aman.

Sayangnya, laporan keuangan yang ada di IDX hanya menyediakan laporan bulanan atau tahunan. Jika Anda ingin melihat harga saham harian, maka Anda bisa melihatnya di tempat lain seperti Yahoo.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Melakukan investasi sebenarnya tidak hanya mematok pada harga saham keuangan. Nyatanya ada banyak hal yang bisa mempengaruhi harga saham. Anda perlu melakukan pengecekan perusahaan, rasio vital, menyesuaikan setoran awal, mengetahui risiko, dan bandingkan dengan perusahaan lainnya.

Dengan memperhatikan beberapa hal ini, Anda bisa menemukan perusahaan mana yang benar-benar baik untuk Anda gunakan. Anda juga bisa terhindar dari berbagai masalah yang mengakibatkan kerugian bagi Anda.

Ketahui cara melihat harga saham di IDX dengan mudah. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui perusahaan mana yang menawarkan harga saham sesuai keinginan Anda. Kegiatan investasi saham Anda juga bisa berjalan dengan lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *