41. Mudah! Begini Cara Mengembalikan Data Flashdisk yang Terformat Menggunakan Aplikasi

Mudah! Begini Cara Mengembalikan Data Flashdisk yang Terformat Menggunakan Aplikasi

Penggunaan flashdisk yang fleksibel sebagai tempat penyimpanan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya menjadi sebuah kebutuhan penting bagi penggunanya. Lantas, bagaimana jika semua data di flashdisk ternyata hilang? Jangan khawatir, sebab ada cara mengembalikan data flashdisk yang terformat dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Simak pemaparannya berikut ini.

1. Disk Drill

Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk mengembalikan file di flashdisk yang hilang yaitu Disk Drill. Software pengembali data ini terbilang cukup ampuh untuk penggunaan flashdisk, hardisk dan beberapa perangkat penyimpanan yang lainnya. Disk Drill juga bisa mengembalikan file di flashdisk dengan ukuran 500MB lebih.

Penggunaan Disk Drill cukup mudah. Install aplikasinya terlebih dahulu, lalu sambungkan flashdisk ke perangkat. Pada halaman awal Disk Drill, pilih Recovery untuk memulai pemindahan data. Pilih Continue untuk menampilkan data-data yang sebelumnya sudah terhapus dari flashdisk. Pilih data mana saja yang ingin dikembalikan ke penyimpanan semula.

👉REKOMENDED:  6 Aplikasi Trading yang Terdaftar di OJK, Apa saja

2. Recuva

Software untuk recovery data flashdisk selanjutnya yaitu Recuva. Tampilan interface pada aplikasi ini terbilang cukup sederhana dengan beberapa fitur pendukung. Recuva menyediakan versi gratis dan berbayar. Versi berbayar yang affordable tentu bisa mendukung aktivitas jelajah pengguna yang lebih luas.

Saat membuka Recuva, pengguna akan menemui auto dialog dari server tentang kebutuhan data-data apa yang ingin dicari untuk recovery. Secara otomatis, aplikasi Recuva akan menunjukkan hasil pencariannya dengan sangat detail. Setelah data berhasil ditemukan, pengguna bisa recovery untuk diletakkan pada perangkat flashdisk.

3. Glary Undelete

Cara mengembalikan data flashdisk yang terformat selanjutnya yaitu melalui aplikasi Glary Undelete. Perangkat lunak yang memiliki interface sederhana ini cukup mudah digunakan dengan tampilan seperti Windows Eksplorer. Pengguna perlu install aplikasi ini terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya.

Cari data pada menu Search untuk memudahkan pengguna dalam mencari data yang hendak di-recover. Pada saat proses filter data dari perangkat, Glary Undelete melewati proses backup untuk masuk pada satu folder. Beberapa hasil recovery data yang pernah dilakukan melalui aplikasi ini, membuktikan bahwa data-data masih bisa dibaca walaupun sempat terformat.

👉REKOMENDED:  5 Aplikasi Rute Sepeda yang Mudah Digunakan!

4. Card Recovery

Program untuk mengembalikan data selanjutnya adalah Card Recovery. Aplikasi ini tidak memiliki fitur complete seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Pasalnya, Card Recovery hanya cocok untuk mengembalikan data-data berupa gambar, video dan audio saja. File berupa dokumen, arsip dan sejenisnya belum didukung oleh aplikasi ini.

Proses pengembalian data hampir sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Pengguna cukup mencari dan menentukan data mana saja yang hendak dikembalikan ke perangkat flashdisk seperti semula. Pada tahapan ini, Card Recovery menyediakan tab preview sehingga pengguna bisa memastikan terlebih dahulu beberapa format data yang telah ditentukan.

5. Wise Data Recovery

Aplikasi Wise Data Recovery memiliki fitur menarik dibandingkan beberapa aplikasi-aplikasi sebelumnya. Software ini bisa mengetahui kondisi data yang sudah dikembalikan dan memastikan bahwa data-data tersebut masih bagus atau sudah rusak sehingga tidak bisa recovery. Download aplikasinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

👉REKOMENDED:  Dilema Efek Hapus Data Aplikasi? Simak Penjelasannya

Ketika masuk pada tampilan awal, pengguna bisa mencari file yang hendak dikembalikan. Wise Data Recovery akan menampilkan beberapa data terkait dengan memberikan beberapa indikasi melalui warna. Misalnya, warna merah memiliki arti kemungkinan recovery yang sangat kecil, warna kuning berarti masih mungkin dan hijau sangat mungkin.

Cara mengembalikan data flashdisk yang terformat menggunakan aplikasi memang terbilang cukup mudah. Pengguna juga harus memahami bahwa tidak semua data yang pernah terformat bisa berjalan dengan optimal. Jadi, jangan panik apabila flashdisk tiba-tiba terformat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.