Pengertian Ubuntu Server, Sejarah dan Manfaat yang diperoleh (targettrend.com)
Pengertian Ubuntu Server, Sejarah dan Manfaat yang diperoleh (targettrend.com)

Pengertian Ubuntu Server, Sejarah dan Manfaat yang diperoleh

Ubuntu merupakan sistem operasi dan distribusi Linux dengan berbasis Debian. Sistem operasi ini akan dibangun menggunakan infrastruktur Debian yang terdiri dari desktop, server dan sistem operasi Linux. Sedangkan dalam pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Ubuntu Server saja.

Sejak rilis pertama kali, sistem operasi yang satu ini justru menjadi favorit oleh banyak orang karena mudah untuk diinstal maupun digunakan. Jadi tak heran jika sistem ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka. Lalu apa kegunaannya? Mari kita bahas satu per satu.

Mengenal Ubuntu Server Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ketika sedang membicarakan tentang sistem operasi Linux, tentu tidak akan ada habisnya, hal ini mengingat karena Linux itu bersifat Open Source. Artinya distribusi Linux sendiri telah dikembangkan oleh developer yang sudah disesuaikan dengan fungsinya.

Nah, salah satu distribusi Linux yang cukup terkenal dengan kemudahannya yakni Ubuntu. Meski Ubuntu juga termasuk ke dalam bagian distribusi Linux, akan tetapi ada beberapa hal yang dapat membedakan sistem operasi ini dengan Linux lain.

👉REKOMENDED:  5 Aplikasi Edit Background Foto Merah 2021

Ubuntu sendiri dikembangkan oleh Canonical Ltd dan beberapa developer lainnya. Canonical Ltd adalah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha dari Afrika Selatan yang bernama mark Shuttleworth.

Perusahaan tersebut juga menyediakan pembaruan keamanan serta dukungan untuk setiap rilis Ubuntu tersebut. Mulai dari tanggal rilis sampai dengan tanggal akhir masa pakai itu sendiri yang ditentukan.

Sejarah Ubuntu

Ubuntu Server merupakan Ubuntu yang sudah didesain untuk diinstal di server dan perbedaan mendasarnya tidak tersedia GUI. Jika Anda akan menggunakan Ubuntu ini, maka Anda harus bisa bekerja dengan perinta di sebuah layar hitam atau konsol.

Ubuntu pertama kali rilis sejak 20 Oktober 2004 yang mana Ubuntu telah merilis versi barunya setiap 6 bulan sekali oleh Canonical. Selain itu juga didukung selama kurang lebih 18 bulan dan memperbarui sistem, keamanan maupun kesalahan yang terjadi di bug.

👉REKOMENDED:  Inilah Rekomendasi Aplikasi Perekam Video Call Terbaik!

Ubuntu juga mampu menciptakan sistem operasi desktop yang mudah digunakan oleh semua pengguna. Ubuntu juga selalu dijadwalkan setiap 6 bulan sekali yang bertujuan sebagai update sistem Ubuntu supaya lebih baik.

Sedangkan Ubuntu Server setiap dua tahun sekali selalu saja meningkatkan versinya, misalnya seperti xx.04 dengan x angka genap. Salah satu tujuannya adalah untuk memperoleh Long Term Support.

Apakah Bermanfaat?

Bagi sebagian orang awam pengguna desktop tentu tidak akan ada manfaatnya sama sekali. Akan tetapi bagi admin jaringan, kantor, warnet dan server maka Ubuntuk adalah solusi termudah.

Salah satunya untuk membangun layanan seperti printer sharing, file sharing maupun web hosting. Meskipun Ubuntu menggunakan Command Line Interface (CLI) tidak akan susah.

Sebab,sudah ada cara ada tutorial yang banyak serta help bawaan dari perintah tersebut. Namun yang harus dibutuhkan adalah kemauan untuk membaca manual maupun beajar bahasa inggris.

👉REKOMENDED:  Gunakan 5 Cara Memindahkan Video Dari Laptop Ke iPhone Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu tujuan awal Ubuntu adalah untuk menciptakan sistem operasi desktop Linux untuk mudah digunakan oleh pengguna komputer. Sejak perilisan nya pertama itu, Canonical juga selalu merilisnya setiap 6 bulan sekali.

Kelebihan yang dimilikinya adalah memiliki aplikasi bawaan yang sangat lengkap dan Open Source. Selain itu lebih kebal terhadap virus serta drive lebih lengkap.

Bahkan ada juga software center yang sangat mumpuni dan User yang refreshing. Sedangkan untuk kekurangan Ubuntu Server adalah memiliki tampilan menuntut adaptasi dan kurang cocok untuk Anda gunakan sebagai bermain game.

Pencarian Popular

apa manfaat Ubuntu Server

Leave a Reply

Your email address will not be published.