Jadi Begini Proses Konversi Emas ke Rupiah yang Harus Diketahui Para Investor

konversi emas ke rupiah

Para investor memang lebih memilih melakukan investasi terhadap emas karena mempunyai harga jual beli yang tergolong stabil. Bentuk dari investasi emas ini adalah mempunyai bentuk seperti emas batangan yang nantinya dapat dijual kembali. Sebagai investor pemula juga harus mengetahui proses konversi emas ke rupiah agar nanti cepat menikmati hasilnya.

Proses Konversi Emas ke Rupiah

Keberadaan emas memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor dalam melakukan investasi. Namun perlu diketahui juga terkait dengan proses konversi emas ke rupiah itu bagaimana caranya. Hal ini harus diketahui oleh para investor agar dapat segera mencairkan uang dan menikmatinya. Proses konversi ini dihitung berdasarkan berat emas dan harga jualnya waktu itu.

Semisal saja mempunyai emas dengan berat 31,1 gram yang penyebutan lainnya adalah 1 Troy. Kemudian harga per troy itu mempunyai harga 2.000 USD dan kurs pada waktu itu USD IDR berjumlah Rp15 ribu. Maka proses menghitungnya sangatlah mudah yakni $2.000 / 31,1gram lalu dijumlah menjadi $64,3/gram.

Setelah itu hasil dari $64,3 dikalikan dengan kurs saat ini yakni Rp15 ribu, maka ketemunya Rp964.500. Jadi pada proses ini dapat disebutkan bahwa besaran harga pada emas setiap gramnya mempunyai nilai Rp964.500. Namun jumlah semua itu belum termasuk dari biaya cetak emas sehingga harus menghitung juga ongkos cetaknya.

Keuntungan Melakukan Investasi Emas

Setelah membahas konversi emas ke rupiah, maka pembahasan selanjutnya tentang keuntungan dari investasi emas. Keuntungan tersebut diperoleh karena emas merupakan bahan yang harganya tetap stabil di pasaran. Namun lebih jelasnya berikut ini akan disebutkan daftar dari keuntungan dalam investasi emas:

1. Banyak Diterima Pasar

Keberadaan emas memang menjadi barang berharga yang selalu ramai penjualan di pasaran. Emas sendiri selalu menarik masyarakat untuk memilikinya sebagai perhiasan atau bisnis investasi. Dari ramainya pasar inilah dapat diambil kesimpulan bahwa melakukan investasi emas mempunyai peluang untung yang besar.

2. Mempunyai Nilai Cenderung Stabil

Salah satu alasan investor lebih memilih emas sebagai sarana berinvestasi adalah karena keberadaan nilai emas yang cenderung lebih stabil. Kestabilan inilah yang akan memberikan kesempatan investor dalam memperoleh keuntungan dari hasil investasinya. Jadi pada dasarnya keberadaan emas di pasaran tidak akan anjlok harga dalam sekejap maupun naik secara cepat.

3. Dapat Menjadi Jaminan Masa Depan

Kehidupan manusia memang tidak lepas dari ekonomi dan politik yang terkadang sering tidak adanya kepastian. Guna memberikan rasa aman di masa mendatang, maka melakukan investasi emas akan lebih menguntungkan dalam menyelamatkan perekonomian jika sedang buruk. Dengan kestabilan harga emas yang baik, maka dimasa mendatang bisa digunakan apabila membutuhkan segera.

4. Bebas Jual Beli Emas Secara Online

Pada zaman modern memang semua aktivitas manusia akan lebih terbantu dengan kehadiran jaringan internet. Bagi para investor yang sudah mendapatkan banyak emas akan lebih mudah menjual melalui internet. Melalui jaringan online inilah akan memudahkan penjualan emas tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak dan lebih praktis tentunya.

5. Dapat Memantau Pergerakan Kapan Saja

Sebagai keuntungan investasi emas adalah dapat dengan mudah dilakukan dengan melalui jaringan online. Para investor akan mempunyai peluang melakukan pemantauan pergerakan investasi secara berkala. Melalui pemantauan secara online inilah yang akan memberikan peluang menjual emas apabila kondisi harganya naik.

Demikian tadi ulasan tentang proses konversi emas ke rupiah yang harus diketahui bagi investor pemula. Silahkan saja melakukan investasi emas dan pelajarilah setiap tata cara dalam berinvestasi agar dapat berjalan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *