Jadi Investor Pemula? Ketahuilah Cara Membeli Saham di Ipot Agar Investasi Menjadi Mudah dan Menyenangkan

cara membeli saham di ipot

Melakukan investasi memang sangat mudah sekali dilakukan di zaman serba digital seperti saat ini. Para investor tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam investasi karena hanya menggunakan aplikasi IPOT juga bisa. Namun bagi pemula perlu mengetahui terkait cara membeli saham di IPOT seperti penjelasan berikut ini:

1. Mengunduh Aplikasi IPOT

Langkah pertama sebagai cara membeli saham di IPOT adalah dengan melakukan pengunduhan terlebih dahulu aplikasinya. Pengunduhan aplikasi IPOT sendiri dapat dilakukan dengan mengunjungi layanan google play store. Penggunaan aplikasi ini akan mempermudah para investor dalam melakukan pembelian saham sesuai dengan keinginan.

Selain itu penggunaan aplikasi ini juga dapat dipasangkan melalui hp android dengan kapasitas ram minimal 2GB. Kapasitas aplikasi ini juga tidak begitu besar sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan HP. Keuntungan lagi menggunakan aplikasi ini adalah mempunyai banyak menu sebagai penunjang dalam melakukan pembelian sebuah saham.

2. Melakukan Registrasi Akun IPOT

Bagi setiap investor harus melakukan registrasi akun terlebih dulu sebagai cara membeli saham IPOT yang diinginkan. Aplikasi IPOT sendiri tidak dapat digunakan secara maksimal apabila sang investor tidak melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi sendiri dapat dilakukan dengan membuka aplikasi IPOT dan mengakses menggunakan jaringan internet.

Saat melakukan registrasi, maka para investor harus mengikuti dengan benar hal-hal yang diperintahkan. Semisalnya saja mengisi biodata, membuat username dan password serta langkah-langkah lainnya. Pastikan semua informasi biodata atau semacamnya harus diisi sesuai dengan aslinya agar proses pembuatan akun berjalan lancar.

3. Melakukan Pembelian Saham

Langkah selanjutnya setelah melakukan pembuatan akun, para investor bisa langsung mengakses aplikasi IPOT. Pada aplikasi IPOT terdapat berbagai menu pilihan salah satunya menu untuk melakukan pembelian saham. Untuk melakukan pembelian saham maka harus memilih menu Stock dan kemudian memilih lagi menu Simple Buy.

Untuk tampilan menu aplikasi ini sudah didesain sangat sederhana sehingga para investor tidak perlu lagi bingung mencari menu pembelian saham. Namun saat sedang melakukan pembelian saham diharapkan untuk menggunakan jaringan internet stabil. Penggunaan jaringan buruk akan mempengaruhi proses pembelian saham di aplikasinya.

4. Memasukkan Kode Perusahaan

Setiap perusahaan pastinya mempunyai kode tersendiri sebagai sarana mempermudah dalam menjalankan investasi dengan para investor. Para investor harus mengetahui terlebih dahulu terkait dengan kode perusahaan yang sedang dipilih. Contoh dari kode perusahaannya seperti BBCA, BBRI dan masih manyak kode-kode perusahaan lainnya.

Pencantuman kode perusahaan ini jangan sampai ada kesalahan huruf atau semacamnya. Sebab ketika salah memasukkan kode, maka besar kemungkinan akan terjadi kegagalan dalam melakukan pembelian saham. Oleh karena itulah sangat disarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu kode perusahaan dan mencatat dengan benar.

5. Masukkan Jumlah Lot Saham

Setelah memasukkan kode perusahaan yang dituju untuk menjalankan investasi, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan jumlah lot saham. Setiap lot mempunyai kapasitas berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan. Semakin banyak memasukkan jumlah lot, maka akan semakin besar pula investasi sahamnya.

Kemudian jika telah menentukan jumlah lot saham guna berinvestasi di sebuah perusahaan, maka selanjutnya tekan tombol Submit. Setelah itu kembalilah ke menu utama dan lihatkan status pembelian saham. Apabila proses pembelian saham berhasil, maka akan keluar sebuah portofolio dengan penjelasan rincian melakukan transaksinya.

Demikian tadi ulasan tentang cara membeli saham di IPOT yang dapat dilakukan bagi para investor pemula. Sebaiknya melakukan pembelian saham ini harus didampingi oleh ahlinya agar tidak terjadi kesalahan atau hal merugikan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *