cara klaim asuransi bank bri

Cara Klaim Asuransi Bank BRI Mudah Tidak Perlu Keluar Rumah

Asuransi BRI menjadi pilihan banyak pihak disebabkan lengkapnya layanan yang diberikan dan juga kemudahan saat mendaftarnya. Tapi ternyata asuransi ini tidak hanya mudah saat mendaftar saja, tapi juga cara klaimnya. Cara klaim asuransi bank BRI ini tidak mengharuskan konsumennya datang langsung ke kantor, bisa dilakukan langsung dari rumah.

Langkah-langkah Klaim Asuransi Bank BRI

Sesuai dengan yang sudah dikatakan sebelumnya kalau cara klaim asuransi bank BRI ini sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan konsumennya tidak perlu keluar rumah dan pengajuannya ini bisa langsung dilakukan dari rumah. Dokumen yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk dilengkapi, intinya BRI sebisa mungkin membuat konsumennya nyaman dan tidak menyulitkannya.

1. Melihat Syarat yang Dibutuhkan

Hal ini yang sering luput untuk dilakukan oleh konsumen yakni melihat syarat yang dibutuhkan. Penting untuk diketahui kalau setiap jenis asuransi BRI tentunya memiliki perbedaan syarat yang harus dipenuhi. Contoh, asuransi kesehatan akan berbeda syaratnya dengan asuransi kematian. Karena itu lihat dulu jenis asuransi apa yang dibutuhkan kemudian lihat syarat yang harus dilengkapi.

👉REKOMENDED:  Service AC Surabaya Simak Manfaatnya Berikut Ini

2. Melengkapi Syarat yang Ditetapkan

Saat sudah melihat syarat apa saja yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah melengkapi syarat yang sudah ditetapkan tersebut. Biasanya syarat umum yang dibutuhkan adalah kartu identitas pemegang tanggungan, buku polis, dan rekening bank atas nama pemegang tanggungan. Lalu nantinya ada syarat khusus atau tambahan yang disesuaikan dengan jenis asuransi yang dipilih.

3. Mengirimkan Formulir dan Syarat yang Sudah Lengkap

Selanjutnya adalah mengunduh formulir untuk pencairan klaim ini. Untuk mendapatkan formulirnya bisa dari website resmi asuransi BRI. Setelah formulir sudah ditangan, maka langkah selanjutnya adalah mengisi formulir tersebut. Pastikan untuk mengisi formulirnya dengan sebaik-baiknya, dan jangan sampai ada salah informasi. Apabila sudah yakin, maka konsumen hanya tinggal mengirimkannya saja.

4. Verifikasi Terhadap Dokumen

Nantinya setelah formulir dan dokumen yang dilengkapi tadi telah sampai ke kantornya, maka langkah selanjutnya adalah pihak asuransi akan melakukan pengecekan terhadap dokumen. Pengecekan ini dilakukan untuk melihat apakah semua dokumen sudah lengkap, dan sesuai. Karena kalau ada yang tertinggal satu saja atau kurang lengkap, kemungkinan klaim untuk ditolak sangatlah besar.

👉REKOMENDED:  Berminat Berinvestasi Emas? Perhatikan Syarat Tabungan Emas Pegadaian Berikut Ini

5. Menunggu Proses Pencairan

Terakhir adalah menunggu proses klaim asuransi dicairkan. Biasanya proses ini dilakukan apabila sudah ada notifikasi atau pemberitahuan sebelumnya kalau klaim asuransi diterima. Jadi kalau klaim asuransi ditolak, maka proses ini tidak akan dilakukan dan dokumen justru dikembalikan. Untuk proses pencairan ini biasanya 14 – 17 hari dihitung dari klaim memasuki database di kantor pusat.

Dokumen yang Dibutuhkan

Sebenarnya untuk dokumen sendiri seperti yang tadi sudah dikatakan kalau ada beberapa dokumen khusus yang berbeda antara asuransi yang satu dengan yang lainnya. Hanya saja ada beberapa dokumen yang menjadi persyaratan umum, dan biasanya sama. Karena itu ada baiknya untuk melengkapi dokumen yang satu ini terlebih dahulu, dan nanti dokumen khususnya.

  • Fotocopy bukti diri sebagai anggota dari asuransi BRI
  • Fotocopy buku tabungan atas nama tertanggung
  • Formulir untuk pencairan klaim yang sudah terisi
  • Salinan data identitas diri sesuai dengan atas nama tertanggung yang tertera di buku asuransi
  • Dokumen-dokumen lainnya yang berfungsi sebagai penunjang atau pendukung (khusus) sesuai dengan asuransi dan klaim yang digunakan.
👉REKOMENDED:  Ini Panduan Cara Menggunakan Mobile Banking Mandiri

Jadi itu tadi beberapa dokumen khusus yang dibutuhkan untuk klaim asuransi bank BRI. Selain itu juga di atas sudah dijelaskan bagaimana cara klaim asuransi bank BRI yang seperti sudah dikatakan sebelumnya sangat mudah untuk dilakukan. Jadi bagi konsumennya tidak perlu merasa bingung lagi, dan bisa melakukan pencairan segera mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.